Mahasiswa PMM UMM Berikan Pemberdayaan Kepada UMKM Desa Buduk Kabupaten Badung

  • 20 Agustus 2023 00:00 WITA
Melakukan Pendampingan Terhadap Pemilik Pawon Budhe Siti.

Badung, BaliBanknews -Mahasiswa Muhammadiyah Malang sedang melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri dengan tema Stimulasi Pendampingan Pada Implementasi Cash Flow Berbasis Komputerisasi Pada Usaha Pawon Budhe Siti dengan Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Novitasari Agus Saputri, M.Pd. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya yang dilakukan oleh kelompok 75 gelombang 5, dimana seluruh anggota melaksanakan program kerja berupa Pemberdayaan pada salah satu pelaku usaha UMKM Pawon Budhe Siti yang melayani pemesanan berbagai macam makanan siap saji di Desa Buduk Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Anggota PMM Bhaktiku Negeri terdiri dari 5 anggota yaitu, Yossy Berlan Novitasani Wiyono, Aretha Balqis Suci Laurient, I Putu Gede Yoga Adhi Pratama, Yantiara Deawana, dan Raviona Natasya Deravita yang berasal dari prodi Akuntansi.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan implementasi ini, kami berfokus pada mitra. Pelaku usaha Pawon Budhe Siti masih memiliki kekurangan dalam menjalankan usahanya, hal tersebut berupa penerapan arus kas (cash flow) yang diterapkan dalam usaha ini. Namun penerapan yang dilakukan masih menggunakan metode manual, dimana pencatatan arus kas masih dilakukan tanpa menggunakan bantuan teknologi. Maka dari itu, hal tersebut dikeluhkan oleh pemilik Pawon Budhe Siti apabila pencatatan yang dilakukan terkadang tidak maksimal. 

Sehingga tujuan dari kegiatan program kerja PMM kelompok kami adalah dengan membantu kekurangan usaha Pawon Budhe Siti, dengan cara merancang sebuah laporan keuangan berbasis komputerisasi yang diharapkan dapat mempermudah dalam pencatatan laporan arus kas.

Oleh : Yossy Berlan Novitasani Wiyono

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang


TAGS :

Komentar