Desa Sidan Miliki TPS3R Tempat Pengelolaan Terpadu Solusi Atasi Sampah

  • 28 Desember 2021 00:00 WITA

Gianyar, Balibanknews -
Desa Sidan saat ini telah memiliki Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R). Hal itu sebagai solusi dalam mengatasi sampah di Desa Sidan.

Prebekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa, S.sos., ketika di temui balibanknews senin,27/12/2021 mengungkapkan, sesuai dengan Perda No 19 Tahun 2019, dimana Pemprov Bali mengeluarkan peraturan pengolahan sampah berbasis sumber. Artinya diwajibkan desa dan desa adat untuk mengolah sampahnya sendiri.

"Program provinsi lewat Pemkab Gianyar lewat bapak Bupati Gianyar yang sudah mengakses dana ke provinsi untuk memajukan desa-desa yang siap untuk pembuatan TPS3R salah satunya Desa Sidan," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkan Desa Sidan yang terdiri dari 7 banjar dinas dan adat, dimana ada 1.322 KK. Pihaknya sangat bersyukur, program provinsi dan kabupaten ini bisa dijalankan di Desa Sidan.

Diakuinya, pihaknya sebelumnya sudah melakukan di tahun 2020 pemilahan sampah plastik. Dimana masyarakat Sidan bekerjasama dengan Yayasan untuk mengambil sampah masyarakat yang sudah dipilah untuk dibeli.

"Kami juga ada bank sampah sehingga kerjasama dengan yayasan sudah berjalan sejak 2020, sehingga dari program TPS3R ini sangat diharapkan karena di Desa Sidan juga melaksanakan program pola pertanian organik," ujarnya.

Dijelaskannya, sehingga hasil pilahan sampah organik dari masyarakat diambil untuk dijadikan pupuk kompos. Selanjutnya pupuk kompos ini diberikan kepada petani.

"Hampir 40 hektar lahan sawah di Desa Sidan sudah menggunakan pupuk kompos kami. Disini ada lahan aktif seluas 65 hektar dari keseluruhan mencapai 100 hektar. Sehingga di tahun depan akan kami lanjutkan penggunaan pupuk di lahan seluas 35 hektar," ucapnya.

Tentu saja hal itu, lebih jauh diakuinya akan lebih sinkron apa yang menjadi pengolahan sampah dengan pertanian organik bisa berjalan dengan baik.

"Kelancaran program TPS3R ini tentu akan berjalan dengan maksimal dengan dukungan seluruh masyarakat di Desa Sidan," pungkasnya.

Disiapkan juga pararem untuk menjalankan program ini. Sekaligus di Desa Sidan akan menuju perolehan sertifikat organik di tahun 2022.  (yess)


TAGS :

Komentar