Tiga Belas Perbekel Desa di Kabupaten Gianyar Dilantik Bupati Made Mahayastra

  • 01 Februari 2022 00:00 WITA

Gianyar , BaliBanknews -
Bupati Gianyar I Made Mahayastra,SST.Par.MAP melantik  dan mengambil sumpah, dan serah terima jabatan 13 orang perbekel se-Kabupaten Gianyar, Selasa 1/2/2022 di Taman Mahaswari atau taman Kantor Bupati Gianyar. 

Bupati Gianyar Made Mahayastra mengucapkan terimakasih pada seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar karena berhasil melaksanakan hajatan pesta demokrasi dari 13 Desa di Kabupaten Gianyar berjalan dengan aman dan lancar.

“Ini adalah ujung dari proses demokrasi yang telah kita laksanakan dengan baik. Ini adalah Prestasi kita, yang harus kita syukuri dan banggakan. Beberapa proses tahapan pemilihan telah kita lewati dengan aman, damai dan nyaman,” ucap Mahayastra bangga.

Dikatakannya, sebagai kepala desa saat ini tugasnya sangat berat. Sebagian program pemerintah daerah, ujung tombaknya bukan OPD lagi, namun sudah banyak diambil alih oleh desa.

"Bahkan dua tahun terakhir saya melaksanakan program pengelolaan sampah berbasis sumber. Dimana tahun sebelumnya sudah 52 desa," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, program harus berjalan dengan maksimal dan bermanfaat untuk masyarakat. Karena Gianyar menjadi salah satu kabupaten percontohan, sehingga diharapkan pengelolaan sampahnya bisa berjalan dengan baik. Begitu juga regulasinya ada ditingkat desa, tingkat banjar, sampai ke peraturan kepala desa hingga Perda dan Pergub.

"Yang paling dekat untuk mengawal program ini adalah desa. Tiga belas Perbekel yang dilantik saat ini ujiannya disini," ucapnya.

Ditambahkannya, Kades yang dilantik hari ini akan dihadapkan pada tugas-tugas yang sudah menanti di depan mata, dari sisi tugas pelayanan, pembangunan, kesejahteraan, konflik dan lainnya. 

"Tidak ada istilah tidak siap. Keputusan harus diambil, roda harus digerakan dan bersinergi dengan perangkat desa atau kelian yang ada dengan Camat, antar kepala desa, dengan Bupati. Ini harus dilakukan, karena permasalahan yang tidak bisa ditunda lagi," ucapnya.

Lebih jauh ditambahkannya, bagaimana ketahanan pangan terkait Puspa Aman. Bagaimana menjaga sinergitas dengan desa adat. Begitu juga menghindari terjadinya konflik. 

"Saya berharap kepala desa yang dilantik ini sudah menyiapkan diri untuk memimpin dan memberi warna baru, dan semangat yang baru. Mampu menularkan semangat bagi seluruh warga yang ada. Karena ini dipilih langsung saya yakin semua sudah punya pendukung dan pendukungnya harus membuktikan dirinya mendukung para Perbekel dalam menunaikan tugas dan tanggungjawab," harapnya. (yess)
-


TAGS :

Komentar