Perluas Akses Keuangan, Perbarindo DPK Badung Gelar Inklusi Keuangan di Pasar Desa Adat Mengwi

  • 24 September 2023 00:00 WITA

Badung, balibanknews -
Untuk mewujudkan akses keuangan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat maupun pelaku UMKM, Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPK Badung menggelar kegiatan inklusi keuangan di Pasar Desa Adat Mengwi.

Kegiatan berupa edukasi dan literasi keuangan ini dihadiri oleh Prebekel Desa Mengwi, I Nyoman Suwarjana, Ketua Perbarindo DPK Badung, I Nengah Sutha Semadi, Dirut Jamkrida Bali Mandara (Perseroda) I Ketut Widiana Karya, Kepala Bank BPD Bali Cabang Mangupura, Ida Bagus Made Surawan, serta jajaran Direksi BPR yang tergabung dalam Perbarindo DPK Badung dan masyarakat umum.

Acara yang juga berkolaborasi dengan Perbekel Desa Mengwi ini juga diserahkan bantuan sembako kepada penyandang disabilitas dan masyarakat kurang mampu di Desa Mengwi.

Prebekel Desa Mengwi, I Nyoman Suwarjana mengapresiasi kegiatan positif ini. Sebab dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat akan lembaga keuangan khususnya BPR. "Kegiatan Perbarindo DPK Badung ini kami harapkan mampu memberikan akses kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM dari segi permodalan, sehinggga mampu memberdayakan perekonomian," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Perbarindo DPK Badung, I Nengah Sutha Semadi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang telah dilaksanakan oleh Perbarindo DPK Badung, seperti sebelumnya edukasi dan literasi kepada siswa-siswi sekolah, kali ini edukasi dan literasi kepada pedagang dan masyarakat di Pasar Desa Adat Mengwi.

"Hari ini kita laksanakan kegiatan berupa pembagian sembako, cek kesehatan gratis, cek SLIK bagi masyarakat, selain juga inklusi keuangan bagi pedagang dan masyarakat," ucapnya.

Sutha Semadi mengharapkan melalui kegiatan ini masyarakat bisa mengkases layanan keuangan khususnya yang ada di Kabupaten Badung. Dimana ada 49 Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Kabupaten Badung yang siap memberikan pelayanan perbankan yang maksimal kepada masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat memanfaatkan jasa keuangan di BPR. Hampir ada ratusan kantor cabang BPR di Kabupaten Badung siap memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Kami juga dalam kesempatan ini mengedukasi masyarakat agar tidak terjerat investasi bodong," ucap Sutha Semadi.

Sutha Semadi menambahkan, BPR memberikan pelayanan door to door, jemput langsung, BPR merupakan lembaga keuangan yang legal diawasi OJK dan simpanan dijamin oleh LPS. "Mari manfaatkan produk dan jasa layanan BPR. Hari ini saja kita dapat 150 nasabah baru," ucapnya.

Diakuinya, secara umum kondisi BPR di Kabupaten Badung tetap terjaga dengan baik. Untuk mengenjot kredit, BPR di Kabupaten Badung bahkan menawarkan promo kredit dengan bunga rata-rata 1,25 persen menurun. Dengan semakin menggeliatnya pariwisata, diharapkan dapat meingkatkan pertumbuhan kredit demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pemilik Warung Bu Ketut di Pasar Desa Adat Mengwi, Ni Ketut Carmi mengungkapkan, kegiatan edukasi yang dilaksanakan oleh Perbarindo DPK Badung ini sangat bagus dan berharap bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. (jhon)

 


TAGS :

Komentar