Bank BPD Bali Rayakan Hari Jadi ke-61, Tumbuh Kuat dan Berkesinambungan

  • 05 Juni 2023 00:00 WITA
Jajaran Direksi Bank BPD Bali.

Denpasar, Balibanknews -  

Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali merayakan hari jadinya ke-61, Senin 5 Juni 2023 di Kantor Pusat Bank BPD Bali Jalan Raya Puputan, Niti Mandala, Denpasar Bali. Seiring bertambahnya usia, Bank BPD Bali diharapkatann tumbuh kuat dan berkesinambungan.

Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma dalam sambutannya mengungkapkan, tantangan dan persaingan bisnis saat ini sangat kompetitif. Kompetisi layanan digital yang semakin menarik perhatian masyarakat tentunya menjadi PR tersendiri untuk kemajuan Bank BPD Bali. Bertransformasi menjadi bank daerah yang diakui secara nasional baik dari segi performance kinerja maupun kualitas layanan.

Pada Ulang Tahun kali ini, bertemakan Tumbuh, Kuat, Berkesinambungan yang dikatakan Sudharma tersirat makna bahwa “Stronger Together” masih menjadi slogan kuat untuk kemajuan bersama. Tak henti-hentinya jajaran manajemen Bank BPD Bali mendorong pengimplementasian Budaya Kerja CINTA yang mampu memberikan semangat dan karakter baru yang kuat bagi seluruh karyawan Bank BPD Bali.

ChangeAgent yang telah dipilih juga diharapakan dapat memberikan positive vibes bagi karyawan lainnya. Hari ini kita juga sudah me-launching Logo Baru dari Budaya Kerja CINTA yang kami harapkan dapat selalu menjadi kebanggaan dan mengingatkan kita bahwa Budaya Kerja CINTA dapat memberikan dampak besar bagi kemajuan Bank BPD Bali yang dimulai dari masing-masing individu.

Semua hal besar dimulai dari hal yang terkecil. Seluruh pengaruh besar diawali dari perubahan kecil dalam diri sendiri. Budaya Kerja CINTA akan terimplementasi dengan baik bila kita bersama-sama menjadikannya pedoman kerja. Komitmen yang kuat dari pimpinan dan setiap insan Bank BPD Bali dalam mendorong perubahan dari berbagai aspek pelaksanaan budaya kerja dapat mentransformasi sistem kerja organisasi, pola pikir, dan culture set karyawan menjadi lebih adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas selaras dengan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder yang semakin meningkat,” ucapnya.

Sertifikat ISO 37001:2016

Sebelumnya Bank BPD Bali telah tersertifikasi SNI ISO 37001:2016 dengan lingkup Pengadaan Barang dan Jasa yang diterbitkan oleh PT Garuda Sertifikasi Indonesia (lembaga sertifikasi SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 20 Mei 2022) dengan Jasa Konsultasi pendampingan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan  dari PT Gama Management Consulting. Sertifikasi ini juga telah kita publikasikan tepat di hari Ulang Tahun Bank BPD Bali ke-60 Tahun 2022.

Di tahun 2023 ini, Bank BPD Bali juga telah dinyatakan memenuhi standar ISO 37001:2016 di bidang Perkreditan, Dana dan Jasa serta Treasury. Hal ini dilakukan Dalam rangka penerapan prinsip GCG dan menindaklanjuti Surat OJK Nomor S-70/KR.081/2022 tanggal 17 November 2022 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Posisi 30 Juni 2022 yang didalamnya tertuang bahwa  risiko operasional dan risiko kredit masih menjadi risiko utama pada kegiatan usaha bank.

Dalam upaya meningkatkan program kepatuhan anti suap ini, Bank BPD Bali lebih jauh dikatakan Sudharma telah melewati berbagai prosedur penerapan Sistem Manajemen Anti Suap. Hal ini kami lakukan untuk dapat meningkatkan kepercayaan seluruh shareholders dan stakeholders, meningkatkan citra dan daya saing bank, meningkatkan peluang ke pasar global, serta meningkatkan kinerja organisasi agar lebih efektif dan efisien. Sertifikat ISO 37001 yang diberikan kepada Bank BPD Bali sebagai tanda bahwa Bank BPD Bali telah menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001: 2016 yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan pengawasan dan juga perbaikan menuju Bank BPD Bali yang lebih baik.

Tentunnya, sertifikasi ini akan berdampak maksimal apabila kita juga dapat menjaga integritas diri terhadap Bank BPD Bali. Sertifikasi ini juga menjadi langkah yang baik untuk kita terus berbenah sehingga nantinya dapat memberikan layanan yang optimal,” harapnya.

 

Dari performance keuangan, Bank BPD Bali di Tahun 2022 berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 604miliar dengan pembagian dividen sebesar  Rp 453 miliar atau 75% dari laba yang diperoleh di tahun 2022 yang dapat berkontribusi bagi peningkatan pembangunan daerah.

Sampai dengan akhir Mei 2023 pertumbuhan Bank BPD Bali tetap menunjukkan performa yang baik, sebagai berikut :

 

Rasio Keuangan sampai 31 Mei 2023 :

NPL – Net        : 0,04%

ROA                : 3,25%

ROE                 : 25,05%

NIM                 : 6,88%

BOPO              : 64,86%

LDR                 : 75,68%

Untuk mempercepat akses keuangan, Bank BPD Bali memberikan akses pembiayaan dengan berbagai produk kredit berupa kredit KUR Super Mikro, KUR Mikro dan KUR Kecil, kredit modal kerja, kredit investasi serta produk kredit lainnya yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Bali kedepan.

Sebelumnya di tahun 2021, Bank BPD Bali telah meluncurkan Kredit Program MESARI (Membangun Masyarakat Bali) dimana penerima kredit mendapat subsidi iuran BPJS Ketenagakerjaan dan merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Bank BPD  Bali dalam rangka percepatan akses keuangan di daerah sekaligus mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tahun 2023, Bank BPD Bali kembali meluncurkan kredit program KUSUMA (Kredit Usaha untuk Sejahtera Unggul & Maju) yang diperuntukkan untuk Debitur KUR Kecil yang tidak dapat memperoleh KUR kembali dan selanjutnya diprospek menjadi debitur kredit komersial dengan plafon kredit menyesuaikan dengan kemampuan membayar (repayment capacity) debitur.

Bank BPD Bali mendukung penuh perkembangan dan kontribusi dunia digital dan teknologi dalam kehidupan masa kini untuk mempermudah dan memberi nilai tambah bagi kualitas kehidupan masyarakat. Komitmen dukungan tersebut ditunjukkan dengan berbagai produk serta aktivitas terbaru yang dikembangkan oleh Bank BPD Bali, seperti Uang Elektronik server based Balipay, Layanan Transaksi Cardles, Kerjasama Layanan Payment Gateway, BI-Fast, Online On Boarding, Kerjasama Merchant Aggregator, Transaksi FX Spot, FX Swap dan FX Forward, Transaksi DNDF, Co-branding Jakcard, Penerapan SNAP, Kerja Sama Penyediaan KKPD, KKPD Bank BPD Bali, serta QRIS Cross Border. Bank BPD Bali telah masuk dalam Working Group QRIS Antar Negara dan telah mengimplementasikan QRIS Antar Negara bersama dengan Thailand dan Malaysia.

Masih dalam rangkaian HUT ke 61, Bank BPD Bali juga melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya :

        1. Kegiatan persembahyangan dan ngaturang punia ke Pura Besakih, Batur, Pulaki, Melanting, Dalem Sidakarya, Batukaru, dan Pura Mandara Giri Semeru Agung (Maret-April 2023)
        2. Kunjungan ke Pensiunan Pengurus dan Pendiri , Bantuan kepada Persatuan Pensiunan tanggal 26 Maret 2023)
        3. Kegiatan Donor Darah (12 April 2023)
        4. Kunjungan ke Panti Asuhan
        5. Lomba - Lomba (catur, e-sport, fashion show, duta bank, menghitung uang)
        6. Customer Gathering (Golf, Tenis Lapangan, Sepeda)
        7. Pasar Rakyat dan Pameran UMKM (cabang)
        8. Family gathering (10 Juni 2023)

Berbagai penghargaan telah yang diraih Bank BPD Bali sepanjang tahun 2022 hingga pertengahan tahun 2023 ini diantaranya :

  1. Penghargaan dari Bank Indonesia sebagai Bank KBMI 1-2 Peserta Inovasi Digital SP (BI-Fast) Terbaik;
  2. Penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai BPD Terbaik Dalam Mendukung Kebijakan P2DD;
  3. Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai Badan Usaha Terbaik dan Berkelanjutan Kategori Khusus Badan Usaha dalam Paritrana Award yang diserahkan langsung oleh Bapak Wakil Presiden RI;
  4. Penghargaan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI sebagai Debitur Berkinerja Terbaik Tahun 2021 Kategori Perbankan yang diserahkan akhir tahun 2022 serta berbagai penghargaan lainnya.

Dengan berbagai penghargaan hingga tingkat nasional yang kita terima sebagai pengakuan dan apresiasi atas kinerja Bank BPD Bali, pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapakan terima kasih kepada seluruh jajaran Dewan Komisaris Bank BPD Bali yang telah memberikan arahan dan bimbingan serta pengawasan aktif terhadap tata kelola bank, terima kasih kepada seluruh jajaran Direksi Bank BPD Bali yang senantiasa membagi suka duka bersama dalam memimpin Bank BPD Bali ke arah yang lebih baik, serta seluruh insan Bank BPD Bali yang tentunya tidak pernah lelah mengemban tugas dan tanggung jawabnya demi kemajuan Bank BPD Bali,” tutup Sudharma. (jhon)

 

 

 


TAGS :

Komentar