Perbarindo DPK Badung Gelar Edukasi dan Literasi Keuangan

  • 06 Mei 2023 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Perbarindo DPK Badung dan MKKS Kabupaten Badung menggelar kegiatan edukasi dan literasi keuangan di Hotel Grand Mega Resort and Spa Bali, Sabtu 6 Mei 2023.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam acara yang dihadiri perwakilan siswa-siswi SMA Kabupaten Badung ini, mulai dari final lomba cerdas berwawasan keuangan, lomba fashion show, musikalisasi puisi serta seminar literasi keuangan.

Kegiatan ini dihadiri Kepala OJK Regional 8 Bali Nusra yang diwakili Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Ananda R. Mooy, Kabid Pembinaan SMA Disdikpora Provinsi Bali Ngurah Bagus Gede Pasek Wira Kusuma, Ketua DPD Perbarindo Bali I Ketut Komplit, Ketua Perbarindo DPK Badung I Nengah Sutha Semadi, dan undangan lainnya.


Kabid Pembinaan SMA Disdikpora Provinsi Bali Ngurah Bagus Gede Pasek Wira Kusuma mengapresiasi kegiatan ini sebagai pembelajaran kepada siswa untuk lebih mengenal dan memahami tentang lembaga keuangan. Sehingga mereka tidak terjerumus dalam investasi ilegal.

Ketua Perbarindo Bali Ketut Komplit juga mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini sebagai wujud peran dan tanggung jawab industri jasa keuangan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih paham produk-produk jasa keuangan.

"Kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan lebih dekat lagi BPR sebagai lembaga keuangan kepada siswa maupun anak-anak sekolah," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, pelaksanaan kegiatan edukasi keuangan akan intens diselenggarakan karena dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya pemahaman terkait produk jasa keuangan yang ada di BPR.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Ananda R. Mooy mengungkapkan tingkat edukasi dan inklusi keuangan siswa sekolah masih rendah, sebab hal itu dianggap masih wajar karena mereka masih bergantung kepada orang tua. Siswa-siswi yang berumur 15-17 tahun yang paham tentang keuangan masih rendah. Karena itu kegiatan seperti ini sangat penting dilaksanakan. 

"Lebih dibangkitkan lagi, bagaimana berkolaborasi bersama-sama dengan Perbarindo DPD maupun DPK lainnya di Bali menyelenggarakan kegiatan edukasi dan literasi setiap tahun dengan melibatkan adik-adik atau siswa-siswi," ucapnya.

Menurut Ananda, kegiatan ini penting untuk mengedukasi siswa-siswi dalam menghindari produk investasi ilegal. "Ada dua yang perlu kita pakai acuan dalam.berinvestasi yakni legal dan logis. Legal terdaftar di OJk, logis kita bisa tau kalau yang ditawarkan berlebihan itu perlu dicurigai," ucapnya.

Ketua Perbarindo DPK Badung I Nengah Sutha Semadi, menambahkan bahwa literasi atau pemahaman masyarakat atas produk dan layanan keuangan sangat diperlukan, agar masyarakat terlindungi dari jeratan pinjaman online ilegal maupun investasi ilegal. "Pemahaman legal dan logis ini yang kita berikan kepada anak-anak sekolah, sehingga mereka sedini mungkin paham tentang lembaga keuangan serta tidak terjerumus dalam investasi ilegal," imbuhnya. (kdp) 


TAGS :

Komentar