Gelar RAT ke-XIV Tepat Waktu, KSP Permata Utama Siap Genjot Kredit KUBE Mebanjar di Tahun 2023

  • 22 Januari 2023 00:00 WITA
RAT ke-XIV KSP. Permata Utama yang berlangsung di Restoran Taman Alas Permatasari Tabanan Minggu (22/1/2023)


Tabanan, balibanknews.com
Mengawali tahun 2023 yang berbarengan dengan perayaan Tahun Baru Imlek, KSP Permata Utama sukses menggelar RAT ke-XIV tepat waktu. Agenda rapat yang dimeriahkan dengan acara gathering family tersebut digelar di Restoran Taman Alas Permatasari, Tabanan Minggu (22/1/2023). Dalam laporan pertanggungjawaban tercatat koperasi nivo provinsi ini selama tahun buku 2022 tumbuh memuaskan dengan pencapaian aset Rp 28,7 miliar atau tumbuh 15,33 persen. Memulai tahun 2023 koperasi berprestasi tingkat nasional ini juga siap menggenjot kredit KUBE Mebanjar dimana produk kredit ini akan menyasar sektor UMKM di wilayah banjar yang ada dalam satu desa adat di Bali.


Ketua KSP. Permata Utama I Made Jaya Artana mengatakan kesuksesan dalam pengembangan koperasi selama tahun buku 2022 tak lepas dari berbagai inovasi yang dilakukan. Salah satunya adalah produk kredit KUBE (kredit kelompok usaha bersama) dimana kredit ini memberikan kesempatan bagi anggota untuk dibiayai dengan membentuk sebuah kelompok usaha bersama di sektor UMKM. "Selain melakukan digitalisasi kami juga lakukan inovasi kredit KUBE dan terbukti mampu dongkrak pertumbuhan pinjaman dengan cukup signifikan," ujarnya disela-sela acara.


Pada tahun 2023, Jaya berencana akan menggenjot kredit KUBE menyasar ke banjar yang ada dalam satu desa adat. Produk yang dinamakan kredit KUBE Mebanjar bertujuan untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM secara lebih spesifik ke banjar-banjar yang ada sesuai dengan instruksi pemerintah untuk menjadikan koperasi sebagai pusat UMKM. 


 "Selain inovasi produk kami juga terus menguatkan SDM, dengan memperbaiki sistem sehingga bertahan dalam situasi sulit. Selain itu kami berharap militansi anggota juga meningkat sehingga impian untuk mencapai aset 50 miliar bisa tercapai," ujarnya.
Dalam laporan yang disampaikan tercatat pertumbuhan aset 2022 meningkat sekitar 15,33 persen dari tahun 2021 dari Rp 24,8 miliar jadi Rp 28,7 miliar. Pinjaman yang tersalurkan juga alami peningkatan sebesar 14,47 persen dari Rp 17 miliar menjadi Rp 19,6 miliar pada 2022. Modal sendiri koperasi juga alami kenaikan dari Rp 6,4 miliar menjadi Rp 6,5 miliar. Berdasarkan perputaran keuangan selama tahun 2022 koperasi ini berhasil membukukan SHU sebesar Rp 456 juta. Selain pertumbuhan aset jumlah anggota juga tumbuh cukup signifikan selama 2022. Tercatat semenjak berubah menjadi nivo provinsi koperasi ini makin diminati anggota. Sebut saja perbandingan antara 2021-2022 anggota tumbuh sekitar 31,28 persen atau dari 1.193 orang menjadi 1.566 orang.
Dalam kesempatan tersebut Dekopinwil Provinsi Bali yang diwakili oleh I Made Duria menyampaikan apresiasinya atas pencapaian KSP. Permata Utama. Ditengah pasca pemulihan ekonomi pasca Covid-19, selain laporan keuangan yang surplus atau untung, koperasi ini juga mampu menekan angka kredit macet dalam batas aman. Disampaikan terdapat banyak keuntungan jika menjadi anggota koperasi. Diantaranya mendapat bunga ringan, pelayanan maksimal serta banyaknya apresiasi yang diberikan pada saat RAT selain SHU. "Lewat koperasi kita juga bisa berYadnya melalui CSR koperasi, ada banyak keuntungan ikut berkoperasi," ujarnya.


Hal senada juga disampaikan perwakilan dari Dinas Koperasi Provinsi Bali yang diwakili Kabid Bina Kelembagaan Koperasi dan UKM  Provinsi Bali I Ketut Meniarta. Menurutnya anggota harus aktif membantu pengembangan koperasi bagaimanapun kondisi koperasi saat ini. Apresiasi juga diberikan lantaran pertumbuhan KSP Permata Utama dari tahun ke tahun terus meningkat. "Diharapkan pertumbuhan terus dijaga dan SHU bisa terus meningkat. Efisiensi juga diperlukan dengan cara mengkaji ulang biaya-biaya operasional yang berlebih. Keuntungan anggota koperasi juga bukan hanya dari SHU melainkan banyaknya manfaat lain yang bisa didapat. Kami juga apresiasi KSP Permata Utama karena sudah fokus kembangkan UMKM, kedepan kami berharap lembaga koperasi bisa jadi rumah besar UMKM," ujarnya.
Dalam acara RAT tersebut juga dimeriahkan dengan pemberian tali kasih kepada masyarakat kurang mampu, siswa kurang mampu, dan siswa berprestasi. Selain itu tali kasih juga diberikan kepada para pemangku setempat. Menutup acara puluhan doorprise diberikan kepada anggota antara lain mesin cuci, LED TV, kompor gas dan lain sebagainya. [Mdy]

 

 

 

 

 


TAGS :

Komentar