Pengelukatan Gook Sesapi Ramai Dikunjungi Pemedek Kini Dilengkapi Warung

  • 01 Mei 2022 00:00 WITA


Karangasem,balibanknews.com -
Pengelukatan Gook Sesapi yang ada di Desa Duda, Kabupaten Karangasem yang berdiri sejak empat bulan terakhir makin ramai kunjungan wisatawan dan juga pemedek yang ingin melukat. Pengelukatan milik Desa Adat Duda kini sudah menyiapkan warung makan bagi para pengunjung.

Ketua Pengelola Gook Sesapi yang juga Ketua Pokdarwis Desa Duda, I Komang Sudiana, di dampiingi I Putu Joni selaku Juru Raksa Pengelukatan Gook sesapi   ditemui balibanknews pada, Sabtu, 30/4/2022, menyatakan semakin hari banyak yang berkunjung. “Ada yang melihat lihat, ada melukat. Semakin hari banyak yang datang, terutama hari yang sakral, rahinan Kajeng Kliwon, Buda Manis, Purnama Tilem, pasti ramai,” ujarnya.

Sejalan semakin hari makin ramai, maka Jero Bendesa dan prajuru, mengenai program desa adat, membangun Badan Usaha Pedruwen Desa, maka membangun warung desa adat. “Tujuannya untuk menyiapkan konsumsi kecil, kopi, minuman dingin atau instan, mie, makanan kecil,” ujarnya.

Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung. “Dari hasil penjualan, modal terbatas, bisa mengelola. Ini karena kerjasama desa adat Duda bersama Pokdarwis,” jelas dia.
Untuk warung dibangun swadaya dibangun oleh prajuru dan Pokdarwis. “Dari kecil, semoga cepat berkembang,” pintanya.

Harapan ke depan, ketika akan melukat, jangan khawatir karena sudah disiapkan makanan kecil dan ringan. “Sambil menunggu melukat, bisa memanfaatkan waktu ke warung,” ujar dia.
Harapan kedua, dengan kedatangan pengunjung, bisa menyebarkan informasi mengenai keunikan dan kesakralan kepada kerabat lain. “Supaya bisa lebih banyak berkunjung,” tutupnya. (Yes)


TAGS :

Komentar