Masa Pandemi,  LPD Desa Adat Sidembunut  Mampu Bukukan Laba mencapai Rp 135 juta 

  • 01 April 2022 00:00 WITA

 

Bangli, balibanknews.com 
Meski masa Pandemi masih melanda Bali, namun peran lembaga keuangan milik adat patut diapresiasi. Terbukti, di tahun buku 2021 LPD desa adat Sidembunut  yang di Kecamatan Bangli   ini  mampu bekukan laba LPD sebesar Rp 153  juta. Peran LPD lewat dana pembangunan di desa Adat melalui dana pembangunan sebesar 20% dari laba LPD, mencapai Rp 27 juta dan ini semua bisa diraih berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat Sidembunut  dalam memanfaatkan prodak unggulan di LPD. 

Pemucuk LPD Sidembunut, I Wayan Budi, pada Jumat ,01/4/2022 di kantor LPD setempat mengatakan , jika dibandingkan dengan tahun 2020 aset LPD mencapai Rp 2,7 miliar  miliar. "Di  tahun 2021 memang ada kenaikan  sebesar  mencapai Rp 3,2 atau ada kenaikan sebesar  18,25%, tetapi kita patut bersyukur laba LPD tahun buku 2021 astungkara ada peningkatan  ucapnya.

Di samping itu, di masa pandemi LPD Sidembunut  juga memberikan keringanan pembayaran kredit kepada masyarakat, yakni cukup bayar bunga saja dan hingga saat ini antusias masyarakat dalam memanfaatkan prodak unggulan di LPD Sidembunut  masih tumbuh positif.

Di sisi lain, dana pembangunan yang pihaknya berikan rutin setiap tahunnya, pihaknya juga memberikan punia ke Jro Mangku di desa Adat Sidembunut sebesar Rp 500,000  kepada setiap Jro Mangku yang di pakai untuk pembelian  wastra ini di berikan sebagai bentuk perhatian serta kepedulian LPd pada para pemangku di Desa Adat Sidembunut," jelasnya. 


Oleh karena itu, pihaknya berharap pada seluruh masyarakat Sidembunut untuk tidak ragu dan takut dalam memanfaatkan LPD karena setiap tahunya kita kembalikan lagi ke desa adat dan juga Krama

Disisi lain dukungan badan pengawas LPd 
Bendesa Adat Sidembunut Ngakan Putu Artawan   sangat kita rasakan  terutama dalam memotivasi Krama selama Pendemi sehingga lpd Sidembunut  tetap di percaya krma hingga saat ini pungkasnya. (Yes)


TAGS :

Komentar