Pemda Ogan Komering Ilir Lakukan Kaji Banding ke Pemda dan Bank BPD Bali Cabang Karangasem

  • 31 Maret 2022 00:00 WITA

 

Karangasem, BaliBanknews.com

Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir(OKI) dan Bank Sumsel Babel melakukan kunjungan kaji banding penerapan ETPD khususnya digitalisasi Pajak Daerah ke Pemerintah Kabupaten Karangasem dan Bank BPD Cabang Karangasem. Kaji banding berlangsung di Kabupaten Karangasem pada Kamis (31/3/2022). Karangasem dipilih karena mendapat peringkat 1 nasional periode Triwulan 4 Tahun 2021 dalam suryey penerapan IETPD yang diadakan oleh Bank Indonesia

Kepala Badan Pengelola  Pajak Daerah Kabupaten Ogan Ilir  (OKI), Suhaimi AP, MSI, ketika di temui BaliBanknews menyatakan di Kabupaten Karangasem seluruh penerimaan dari pajak daerah sudah sepenuhnya menerapkan digitalisasi. Pajak Karangasem bisa dibayar melalui seluruh chanel Bank BPD Bali antara lain Teller, ATM, MB, Internet Banking, QRIS, E-Commerce dan QRIS Dinamis. Termasuk retribusi di Kabupaten Karangasem sudah menggunakan QRIS sebagai alternatif pembayaran. “Kunjungan yang kami lakukan ke Pemda Karangasem sudah sangat tepat, harapan kami apa yang kami lihat disini dapat segera kami terapkan di Kabupaten OKI”

Sekban BPKAD Kab Karangasem memaparkan bahwa Pemda Karangasem sangat mengapresiasi kunjugan dari Pemda OKI dan Bank Sumsel Babel. “Karangasem sebagai Kabupaten di ujung timur pulau Bali sesungguhnya menyimpan banyak potensi. Saat ini kami sedang fokus melakukan digitalisasi pajak MBLB sebagai penyumbang PAD terbesar di Karangasem”. ujarnya.


Pemda Kabupaten OKI membawa beberapa OPD, diantaranya dari Badan Pengelola Pajak Daerah, Dinas Kominfo, BPKAD, dan dinas lain yang mengelola retribusi. “Dari hasil observasi kami disini maka pihak pemerintah daerah OKI akan menyiapkan insfratruktur. Harapannya, kami bisa kaji tiru. Segera mengambil langkah untuk percepatan pelaksanaan digitalisasi  daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karangasem, Drs. I Dewa Made Arimenaka,S.Sos., M.Si, menyatakan Kabupaten Karangasem terus melakukan inovasi terkait digitalisasi pajak dan retribusi daerah. Semoga apa yang sudah kami terapkan di Karangasem dapat dijadikan bahan kaji banding untuk diterapkan di Kabupaten OKI. Bersama-sama kita curahkan energi untuk pembangunan daerah kita masing-masing” ujarnya.
Program Elektronifikasi pajak dan retribusi di Karangasem sepenuhnya didukung oleh Bank BPD Bali. “Kami berterimakasih atas kerjasama dari Bank BPD Bali Cabang Karangasem, semua infrakstruktur dan aplikasi di support oleh Bank BPD Bali” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, SE., MM , menyatakan kunci utama adalah komunikasi yang baik kami dengan BPKAD. “Kami punya komitmen yang sama meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan Karangasem. Prinsip sama memajukan daerah. Kami siap memberikan dukungan untuk elektronifikasi pajak dan retribusi daerah. Semoga kunjungan dari Pemda OKI dan Bank Sumsel Babel dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan digitalisasi pajak dan retribusi daerah di Kabupaten Oki”tutupnya. (Yes)

 


TAGS :

Komentar