Berkat Kepercayaan Krama, LPD Desa Adat Penarungan Eksis

  • 30 Maret 2022 00:00 WITA

Harapkan Krama Pakai LPD Mobile

Badung, balibanknews.com

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Penarungan, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, di masa pandemi mampu tetap eksis serta dipercaya krama. Apalagi saat ini LPD menggenjot pelayanan berbasis online atau teknologi digital.

Pemucuk LPD Desa Adat Penarungan, I Wayan Sudiarta, SE  ketika ditemui BaliBanknews pada Senin (28/3/2022) di kantor LPD setempat merinci, aset LPD hingga akhir Desember tahun 2021 mencapai Rp 70 miliar. Dengan pembukuan laba mencapai Rp 1 miliar. Jika dibandingkan tahun 2020, memang ada penurunan laba akibat pandemi yang masih melanda Bali. “Kami patut bersyukur di tengah situasi sulit masih mampu meraih keuntungan dan menyerahkan dana sebesar 20 persen ke desa adat mencapai Rp 200 juta lebih,” ujarnya.
Untuk menumbuhkan LPD, pihaknya menggugah masyarakat bahwa ini milik desa adat dan diminta tidak mudah terbawa isu.  “Selama ini masyarakat tidak terpengaruh pada isu, tidak panik. Cuma ketika ada forum, bagaimana menggugah, meningkatkan kepercayaan masyarakat,” jelasnya.
Dikatakan, pendapatan LPD saat ini jauh menurun. “Setiap hari kami bicarakan kredit. Tolak ukur dari 2021, hampir 40 persen turun. Laba Rp 1 miliar. Sedangkan target mestinya Rp 1,5 miliar. Sekarang situasi semua merasakan,” terangnya.

Meski ada penurunan, pihaknya bersyukur karena likuiditas masih bagus. “Kami buktikan dengan sikap. Kalau bukti tanpa sikap, masyarakat menilai itu. Misalnya tabungan nasabah tetap balance di saldo dan sistem. Itu bukti kami tidak main-main, kami layani masyarakat dengan bagus,” terangnya.
Mengenai teknologi, pihaknya sudah menggunakan mobile LPD. Dari teknologi itu, masyarakat bisa mengontrol, baik deposito maupun kredit. “Namun minat ke teknologi minim. Karena banyak masyarakat menggunakan mobile bank umum. Kami sudah wajibkan bagi yang meminjam maupun buka tabungan baru, wajib mendownload mobile LPD. Mudah-mudahan ada peningkatan respon masyarakat,” terangnya. 

Pihaknya berharap aset dan pendapatan LPD terus tumbuh positif. “Mudah-mudahan ke depan bisa tumbuh. Astungkare masyarakat Penarungan masih percaya, baik bayar listrik dan lainnya masih dilakukan di LPD,” tutup dia. (Yes)


TAGS :

Komentar