20 LPD Se-Kecamatan Abang Rembuk Bahas Sejumlah Program

  • 29 Maret 2022 00:00 WITA

 

Aset 20 LPD Tembus Rp 97 Miliar 

Karangasem, BaliBanknews -Meskipun masa Pandemi yang masih melanda Bali, berbeda halnya dengan lembaga keuangan milik adat. Aset dan laba Lembaga Perkreditan Desa (LPD) tetap tumbuh positif. Demikian terungkap dalam rembuk 20 LPD di bawah BKS LPD Kecamatan Abang di Hotel Seamount, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang, Selasa, 29/3/2022.

Ketua BKS LPD Kecamatan Abang, I Nyoman Putra Ariana yang juga  selaku pemucuk LPD Datah didampingi, Bendahara BKS LPD Abang, I Ketut Sumiada, selaku Pemucuk LPd Tukadbesi  dan Sekretariat BKS LPD Abang, I Nyoman Suda ditemui BaliBanknews, menyatakan aset  LPD se-kecamatan Abang hingga Desember tahun 2021 mencapai Rp 97 miliar dengan pembukuan laba LPD mencapai Rp 1,9 miliar. “Kami mengadakan rapat pertanggung jawaban BKS Kecamatan Abang. Membahas Tirta Yatra ke Nusa Penida. Membahas rencana menyambut atau merayakan hari besar nasional. Contohnya 17 Agustus, menggelar jalan santai ke-kecamatan Abang,” ujarnya.

Mengenai perkembangan 20 LPD di bawah BKS LPD  kecamatan Abang   per Januari 2022, sudah semua LPD aktif. “Perkembangan mulai Januari 2022 rata-rata aset mulai naik meskipun belum signifikan. Tergantung geografis masing-masing,” jelasnya.
Pihaknya memberikan harapan kepada semua pengelola LPD. “Pertama harus jujur dalam hal pengelolaan. Kedua transparan, hal yang dibuat dalam RK harus lewat paruman desa adat,” pintanya.
Mengenai isu LPD yang berkembang di masyarakat, pihaknya selalu mengkonter dan menyampaikan ke nasabah. “Itu hanya beberapa LPD dan itu kasus lama. Kami sudah buktikan ke nasabah,” jelasnya.
Bahkan, dari 20 LPD, apabila ada penarikan tetap dilayani. “Untuk nominal di atas Rp 100 juta harus ada pemberitahuan. Karena kami di LPD simpan di Bank BPD sebagai relasi kami,” jelasnya.

Mengenai pemanfaatan teknologi, LPD sudah memakai program LPD Mobile. Di Abang, sudah ada tiga LPD yang menggunakan aplikasi. “Dari hasil rapat, supaya semua LPD Go Digital di era teknologi 4.0.
Harapan kepada BPD Bali  khususnya kantor cabang Karangasem tetap  menjalin koordinasi terutama pembinaan,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya minta bisa  dibantu di mana setiap ada kegiatan agar di sport Baik kegiatan di internal LPd maupun Kegiatan di BKS LPd Kecamatan Abang. “Kerjasama agar lebih  ditingkatkan. Astungkara LPD di Kecamatan Abang bangkit dan kerjasama dirasakan. Seperti hari ini bisa rapat di hotel,” tutup dia. (yes)

 


TAGS :

Komentar