KSP Lumbung Harta Notarius Gelar RAT dan Launching LHN Mobile

  • 23 Maret 2022 00:00 WITA
KSP Lumbung Harta Notarius Gelar RAT dan Launching LHN Mobile. Kepala Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung membuka kegiatan RAT.

Mangupura, BaliBanknews -
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lumbung Harta Notarius (LHN) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta melaunching LHN Mobile, Rabu 23/3/2022 di Harris Hotel and Residences Sunsetroad, Kuta.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Pengda Badung Ikatan Notaris Indonesia (INI/IPPAT), Pengurus Wilayah Bali INI/IPPAT, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Dekopinda Badung dan Anggota KSP LHN.

Ketua KSP Lumbung Harta Notarius (LHN) Ni Gusti Ayu Nilawati,SH.MH., dalam kegiatan ini mengungkapkan, ide berdirinya KSP LHN mewujud nyatakan secara riil dan kasat mata bahwa perkumpulan sebagai wadah yang selalu hadir seirama dengan derap langkah yang dapat menunjang profesi dalam mengabdi untuk nusa dan bangsa dan untuk kesejahteraan hidup sebagai insan Tuhan sehari-hari.

"Menuju narasi besar tersebut, terinspirasi dari sebuah pemikiran setelah membangun badannya, diikuti dengan membangun jiwa dari anggota agar tercipta sejahtera bersama," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkan Ayu Nilawati, berdasarkan pasal 33 Ayat 1 UUD 1945, dimana intinya usaha disusun sebagai usaha bersama guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Bentuk usaha bersama tersebut yang sesuai adalah berbentuk Koperasi berlandaskan ekonomi kerakyatan. Sesuai dengan pendapat Drs.Moh. Hatta bahwa ekonomi kerakyatanlah yang bisa mensejahterakan rakyat Indonesia.

Dikatakannya, berdasarkan kebersamaan itulah pada tahun 2019 disepakati dibentuk KSP Lumbung Harta Notarius ini bermodal awal Rp 5,3 miliar. Dimana didirikan oleh 84 orang anggota. Per tanggal 31 Desember 2021 yang sudah memenuhi persyaratan dan sah sebagai anggota KSP Lumbung Harta Notarius baru sebanyak 204 orang. Akta pendirian tertanggal 18 Juli 2019 dan Badan Hukum Nomor 015041/BH/M.KUKM.2/IX/2019 tertanggal 20 September 2019.

Jumlah aset per 31 Desember 2021 mencapai Rp 5,9 miliar lebih naik dibanding tahun sebelumnya, modal sendiri Rp 705 juta lebih dan SHU di tahun 2021 mencapai Rp 177 juta lebih.

KSP. Lumbung Harta Notarius yang salah satu misinya mewujudkan koperasi anggota Ikatan Notaris Indonesia (INI) dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) di Indonesia. Meski didirikan oleh anggota INI/IPPAT, sesuai dengan akta pendiriannya bahwa KSP. Lumbung Harta Notarius adalah koperasi yang sifatnya terbuka untuk umum. 

"Tujuan kami untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya sekaligus sebagai bagian tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan. Dan kami mulai melakukan pelayanan usaha kepada anggota sejak 15 Mei 2020," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, KSP Lumbung Harta Notarius berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada anggota, profesionalisme, efektif, efisien dan transparan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.  

KSP. Lumbung Harta Notarius juga turut mendukung program pemerintah menuju koperasi modern dan digitalisasi pelayanan dalam setiap kegiatan operasional dan pelayanan kepada anggota. Dimana pihaknya bekerjasama dengan PT. Sevanam Tehnologi Solusindo. Di sisi operasional koperasi menggunakan Core System berbasis online.

"Kami ada produk simpanan pokok wajib, simpanan sukarela tabungan, simpanan sukarela berjangka dan simpanan khusus permodalan koperasi. Begitu juga dengan pinjaman ada investasi, modal kerja dan konsumtif dengan bunga tetap dan menurun," ucapnya.

Disisi pelayanan langsung kepada anggot, KSP. Lumbung Harta Notarius menggunakan aplikasi LHN Mobile yakni .aplikasi berbasis mobile android diperuntukan bagi anggota untuk mendapatkan kendali atas dana mereka kapanpun dan dimanapun, baik berupa informasi maupun transaksi.

"LHN Mobile menjadi salah satu langkah penting transformasi digital dalam memberikan pelayanan kepada anggota. Aplikasi LHN Mobile ini bisa diunduh di Google Play Store dengan sangat mudah," ucapnya.

Aplikasi LHN Mobile dirancang agar mudah digunakan. Dilengkapi sistem keamanan mumpuni sehingga menjamin kenyamanan dan keamanan anggota dalam menggunakannya.

Sebagai wujud transparansi informasi kepada anggota sebagai pemilik KSP. Lumbung Harta Notarius di setiap transaksi yang dilakukan oleh anggota baik melalui petugas menggunakan Core System maupun secara mandiri menggunakan LHN Mobile. Anggota akan mendapatkan notifikasi melalui Whatsapp yang dapat digunakan sebagai bukti transaksi non fisik.

"Dengan telah diterapkannya layanan digital di KSP Lumbung Harta Notarius tentunya akan bermuara pada peningkatan pelayanan dan tata kelola usaha yang lebih efektif dan efisien," ucap Ayu Nilawati.  (jhon)


TAGS :

Komentar