Puspa Aman Terbesar Segera Hadir di Desa Sidan, Ditinjau Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra

  • 18 Maret 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Puspa Aman terbesar di Kabupaten Gianyar akan segera di launching di Desa Sidan. Hadir dalam kegiatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra.

Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra kepada BaliBanknews belum lama ini mengungkapkan, TP PKK Kabupaten Gianyar sebelum pandemi covid-19 sudah menyelengarakan program Aku Puspa Aman programnya PKK. Dimana dalam sepuluh program pokok PKK itu ada program unggulannya yaitu Aku Hatinya PKK yang sasarannya adalah anggota keluarga.

"Aku artinya amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman. Ini tentu skupnya di keluarga,"  ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, setelah melakukan sosialiasi dan turun langsung ke lapangan. Bagaimana memberikan pemahaman kepada anggota keluarga untuk memanfaatkan halaman yang kosong untuk ditanami tanaman untuk kebutuhan sehari-hari seperti kunyit, jahe dan lainnya. Begitu juga bisa ditanami bunga dan buah.

"Itu hal yang paling penting dalam Aku Hatinya PKK. Hal penting lainnya adalah bagaimana kita bisa menekan pengeluaran di keluarga. Jadi kalau semua sudah ada sehingga bisa memanfaatkan apa yang kita tanam," ujarnya.

Sedangkan untuk skup yang lebih luas yakni desa dan disini peran penting dari kepala desa, perangkat desanya. Maka ada Puspa Aman yakni  Pusat Pangan Mandiri Asri dan Nyaman. "Semua sudah bisa mewujudkan Puspa Aman. Kami bersama dinas terkait sudah membantu dari bibit tanaman, ikan dan sudah bisa dijalankan. Untuk keberlanjutannya, ini yang menjadi paling penting sehingga keterlibatan kader-kader PKK untuk memanfaatkan bibit sehingga bisa dilaksanakan dalam skup rumah tangga. Sehingga bisa berkelanjutan," ucapnya.

Dikatakannya, program ini juga bisa mendukung program wisata, apalagi di Deda Sidan memiliki lahan yang sangat luas, sehingga pihaknya berinisiatif selain di masing-masing desa, TP PKK Gianyar juga membuat Puspa Aman Kabupaten Gianyar yang berlokasi di Desa Sidan.

"Ini yang terbesar untuk lahannya. Apalagi disini ada resto dan organik. Beras di Desa Sidan ini juga bagus hasilnya," ucapnya.

Ditambahkannya, saat ini Puspa Aman di Desa di Kabupaten Gianyar sudah ada 35 Desa Puspa Aman. Beberapa Puspa Aman juga sudah di launching. 

"Kami targetkan semua desa di Kabupaten Gianyar sudah launching Puspa Aman. Kami harapkan dengan Puspa Aman akan menjaga stabilitas dan ketahanan pangan," harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar