Transaksi di LPD Kabupaten Bangli Tumbuh Positif di Masa Pandemi

  • 15 Maret 2022 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Masa Pandemi yang masih melanda Bali membuat semua sektor terdampak namun berbeda halnya dengan lembaga Keuangan milik adat yakni LPD. Bahkan dimasa pandemi ini masih banyak LPD yang justru tumbuh positif baik dari segi aset maupun pertumbuhan laba. Hal itu tidak telepas dari tingkat kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan produk-produk dan layanan di LPD.

Seperti halnya pada LPD Desa Adat Cempaga yang di Kota Bangli, I Dewa Gede Adi Pramana,S.Sos., selaku Penyarikan LPD Desa Adat Cempaga mengungkapkan secara umum LPD berjalan dengan lancar, meski ada beberapa kredit yang kurang lancar. Tapi antusiasme masyarakat untuk meminjam di LPD cukup banyak.

"Kami mengedukasi masyarakat bahwa LPD Cempaga mampu memberikan kredit kepda usaha-usaha yang tergolong produktif atau lancar," ucapnya.

Diakuinya, dukungan Bendesa Adat Cempaga selaku Ketua Badan Pengawas sangat baik dan mendukung segala program yang dilaksanakan oleh LPD. Sehingga kami harapkan masyarakat meningkatkan perannya dalam memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD Cempaga.

Sementara itu, Pemucuk LPD Desa Adat Sidembunut l Wayan Budi mengatakan hal yang sama bahwa LPD Sidembunut masih berjalan dengan lancar, meski ditengah situasi pandemi covid-19.

"Hampir sebagian besar masyarakat sebagai pekerja atau tukang, sehingga masih ada penghasilan,"  ucapnya.

Diakuinya, secara umum perkembangan LPD masih bisa tumbuh, meski tidak maksimal. Hal itu tentu tidak terlepas dari peran masyarakat dan juga soliditas prajuru LPD dengan Ketua Badan Pengawas yakni Bendesa Adat sehingga LPD Sidembunut masih bisa beroperasional secara normal.

"Kami harapkan peran serta masyarakat lebih ditingkatkan lagi dalam memanfaatkan produk-produk LPD Sidembunut. Dimana berkembangnya LPD berdampak terhadap pembangunan di Desa Adat dan peningkatakan kesejahteraan krama," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar