LPD Desa Adat Katung Berikan Kredit pada Krama dengan Jaminan Desa Adat

  • 11 Maret 2022 00:00 WITA

"Berkat Sinergi Tiga Komponen LPD, Desa Adat serta Krama"

Bangli, BaliBanknews
Keberadaan LPD di desa Adat mengambil peran strategis, karena hadirnya lembaga keuangan milik adat ini dapat bermanfaat baik kepada desa adat maupun krama.

Seperti halnya pada LPD Desa Adat Katung yang ada di kecamatan Kintamani Bangli di mana di masa pandemi memiliki program kredit khusus kepada krama lewat kredit berjaminan desa adat.

"Plafon kredit tanpa jaminan itu sebesar Rp 2,5 juta hingga Rp 5 Juta," ucap Pemucuk LPD Desa Adat Katung, I Dewa Gede Mayun ketika di temui BaliBanknews pada, Jumat,11/3/2022 di kantor LPD setempat.

Mayun mengungkapkan, LPD bisa maju bagaimana sinergitas yang baik dengan desa adat sebagai badan pengawas maupun krama sebagai pemilik LPD.

"Astungkara LPD bisa maju dengan sinergitas yang baik dengan ketiga komponen tersebut," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya sinergitas dengan Bendesa Adat Katung, I Ketut  Agus Wirahadi Putra, S.Pd yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Katung sangat bagus.

Di tahun ini, diharapkannya sinergitas tetap berlangsung dengan baik dan peran serta masyarakat juga terus ditingkatkam. Karena berkembangnya LPD berdampak positif bagi pembangunan di Desa Adat dan juga peningkatan kesejahteraan krama Katung.

"LPD menjadi wadah dan pioner perekonomian di desa adat," ucapnya.

Pihak LPD saat ini memiliki produk kredit berjaminan desa adat. Dimana adat yang menjamin dan tentu atas persetujuan badan pengawas. 

"Tujuannya tentu untuk memberikan fasilitas kredit bagi masyarakat yang memiliki kegiatan pertanian, perkebunan maupun peternakan yang tidak memiliki jaminan," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar