Aset LPD Desa Adat Perean Tumbuh Mencapai 12 Persen, Miliki Layanan LPDMobile

  • 07 Maret 2022 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Situasi sulit saat ini akibat wabah Pendemi Covid-19 membuat semua sektor terdampak tak terkecuali lembaga keuangan milik adat yakni LPD. Meski demikian LPD Desa Adat Perean di  Kecamatan Baturiti Tabanan akhir tahun 2021 mampu menumbuhkan aset hingga 12 persen.

"Aset LPD Perean tumbuh 12 persen mencapai Rp 11,9 miliar ini bisa di raih berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat Perean kepada LPD," ungkap Pemucuk LPD Desa adat Perean I Nyoman Sudarka didampingi I Putu Widiarsa yang juga selaku Penyarikan LPD Perean ketika di temui BaliBanknews Senin, 7/3/2022 di kantor LPD setempat.

Sudarka lebih jauh mengungkapkan, aset LPD Perean hingga Desember 2021 mencapai Rp 12,9 miliar naik jika di bandingkan tahun 2020. Dimana aset tahun 2020mencapai Rp 11,6 miliar.

Sedangkan LPD Perean di tahun 2021 memperoleh laba mencapai Rp 263 juta. Dimana ada penurunan laba sebesar 28% jika dibandingkan tahun 2020. Dimana laba tahun 2020 mencapai Rp 365 juta.

"Dana pembangunan yang kita serahkan le Desa Adat Perean untuk tahun 2021 mencapai Rp 52 juta lebih," ucapnya.

Di sisi lain di tahun 2022 ini kita LPd akan berencana lebih menggencarkan pembayaran online lewat aplikasi LPD Mobile di mana di tahap awal Kita akan ujicoba kepada 50 orang Krama Perean dan kedepannya akan terus kita tingkatkan lagi LPD Mobile kepada masyarakat Perean untuk itu Sudarka berharap dukungan seluruh masyarakat perean sehingga di tahun 2022 semua krama sudah memiliki aplikasi lewat HP Android  yang bernama LPd Mobile ucapnya.

Ditambahkannya, pencapaian LPD Perean di masa pandemi ini tentu berkat dukungan semua pihak. Baik itu koordinasi yang intensif dengan Bendesa Adat Perean, I Ketut Korban yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Perean beserta prajuru lainnya.

"Selain itu yang terpenting adalah peran serta krama dalam memanfaatkan produk-produk LPD Perean agar terus meningkat. Sebab, berkembangnya LPD akan membawa dampak positif bagi pembangunan di Desa Adat maupun berperan dalam peningkatan kesejahteraan krama," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar