Desa Yangapi Gelar Bulan Bahasa Bali Tahun 2022 Bertema Danu Kerthi Gitaning Toya Ening

  • 28 Februari 2022 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
Desa Yangapi Kabupaten Bangli menggelar kegiatan bulan Bahasa Bali Tahun 2022 mengambil tema "Danu Kerthi, Gitaning Toya Ening"  Senin 28/2/2022 di Kantor Desa Yangapi.

Prebekel Desa Yangapi, I Wayan Edi Korniawan, seusai kegiatan mengungkapkan, kegiatan bulan Bahasa Bali yang ke-4 ini di Desa Yangapi. Kegiatan ini di ikuti oleh istri kelian banjar dinas kepala kewilayahan atau ketua PKK Banjar. 

"Hari ini di ikuti oleh empat banjar. Mudah-mudahan tahun depan akan tetap digelar untuk menggali potensi yang ada. Selain juga untuk mengajegkan bahasa Bali. Baik sor maupun basaha Bali halus singgih," ucapnya. 

Tentunya diharapkan kebiasaan berbahasa Bali itu yang harus terus dipertahankan karena berlandaskan tradisi, seni dan budaya Agama Hindu termasuk budaya Bali. 

"Kita juga mengajegkan satua menggunakan Bahasa Bali. Intisarinya bagaimana kita melakukan kehidupan sehari-hari dengan konsep mesatua itu sendiri," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini jelas dimana peserta yang ikut lomba mesatua Bali dengan mengambil cerita mulai dari cerita Siap Selem, Men Sugih dengan Men Tiwas. Dimana satua tersebut sesuai dengan dinamika kehidupan sehari-hari dimana cerita tersebut memberikan nilai moral dan sosial yang baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan Bulan Bahasa Bali dari Gubernur Bali ini sangat bagus dan berbagai program dari Gubernur Koster sangat positif. Khususnya dalam mempertahankan seni, adat dan budaya Bali.

"Kegiatan seperti itu harus jangka panjang digelar. Kami harapkan kegiatan ini bisa terus digelar serta peserta yang ikut bisa berlomba di even tingkat kecamatan maupun tingkat yang lebih tinggi," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar