LPD Desa Adat Tegal Raih Laba Rp 1,6 Miliar, Berkontribusi Nyata untuk Upacara Panca Yadnya

  • 22 Februari 2022 00:00 WITA

"Berbasis Digital dan miliki ATM untuk tambah kepercayaan krama"

Mangupura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Tegal di Kecamatan  Abiansemal Badung kembali bisa membuktikan diri. Dimana lembaga keuangan adat ini benar-benar menjadi pilihan krama serta salah satu penopang dalam mengajegkan adat tradisi serta budaya. Termasuk juga meringankan beban masyarakat melaksanakan upacara Panca Yadnya di desa adat.

Tahun buku 2021 LPD Tegal mampu bekukan laba mencapai Rp 1,6 miliar dengan kontribusi ke desa adat sebesar 20% mencapai Rp 327,1 juta.

Pemucuk LPD Desa Adat Tegal, I Putu Suryadinata,ST., ketika di temui BaliBanknews Selasa,22/2/2022 di kantor LPD setempat mengungkapkan, LPD Tegal hingga akhir tahun 2021 beraset mencapai Rp 185 miliar. Modal hingga saat ini telah mencapai Rp 30 miliar.

Lebih jauh diungkapkannya, di masa pandemi LPD memberikan APB untuk satgas covid desa adat. Paruman prajuru dengan pengawas dan bendesa adat. Karena masa pandemi ini dipusatkan melalui desa adat segala penanganan terkait covid-19.

"Kita berikan Rp 30 juta untuk penanganan covid di Desa Adat Tegal. Dimana masyarakat yang melaksanakan karantina diberikan bantuan dan sesuai dengan yang dibutuhkan satgas," ucapnya.

Dikatakannya, perkembangan LPD Tegal di laba bisa meningkat dibanding tahun 2020, dimana per Desember 2021 LPD dari indikator semua mengalami penurunan. Laba di 2020 Rp 1 miliar lebih dan di 2021 laba mencapai Rp 1,6 miliar. 

"Kontribusi saat pandemi dimana desa adat memiliki program untuk ngaben masal. LPD Tegal juga berkontribusi dalam meringankan beban krama peserta ngaben ngerit ini dimana kita bekerjasama juga dengan koperasi," ucapnya.

Diakuinya, sinergitas antar stakeholder dan badan pengawas yakni Bendesa Adat Desa Tegal yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Tegal, I Ketut Artawan,SE., selalu melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap LPD Tegal.

"LPD Tegal terus melakukan koordinasi dengan badan pengawas LPD apalagi ditengah pandemi seperti sekarang. Maka untuk itu, mari manfaatkan produk-produk LPD, karena hadirnya LPD memberikan manfaat langsung ke Desa Adat Tegal dan peningkatan kesejahteraan krama berdasarkan adat, agama dan seni serta budaya Bali," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar