LPD Desa Adat Sogra Raih Laba Rp 1,5 Miliar, Bagikan 120 Paket Sembako ke Krama

  • 21 Februari 2022 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Di banyak lembaga keuangan di Bali banyak yang mengalami stagnan terutama dalam perolehan laba atau keuntungan. namun berbeda halnya dengan LPD Desa Adat Sogra di Kecamatan Selat Karangasem, dimasa Pandemi tahun buku 2021 labanya justru meningkat dari Rp 1,2 miliar menjadi Rp 1,5 miliar dengan aset sebesar Rp 76 miliar. 

Pemucuk LPD Desa Adat Sogra, I Wayan Putra ketika di temui BaliBanknews di sela sela Laporan pertanggung jawaban ( LPJ) tahun buku 2021 pada, 21/2/2022 di Aula Kantor LPD Sogra mengungkapkan, LPD menyerahkan dana pembangunan tahun 2021 ke desa adat mencapai Rp 
305 juta (20% dari laba) dan 25% nya di kembalikan lagi ke LPD untuk memperkuat modal.

Lebih jauh diungkapkannya, LPD Sogra juga memberikan apresiasi pada para Krama dan nasabah setia berupa penarikan undian dengan berbagai macam hadiah. Hadiah utama tahun ini kita siapkan  satu unit sepeda motor dan dua unit sepeda gunung.

Dikatakannya, untuk meringankan beban Krama Sogra di saat Pendemi, LPD membagikan 120 paket sembako pada Krama Sogra. "Kita juga memberikan apresiasi pada 19 organisasi di desa adat berupa punia dari LPD. Ini sudak kita lakukan rutin setiap tahun," ucapnya.


Sementara itu, Jro Bendesa Desa Adat Sogra yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Sogra, Jro Mangku Wayan Sukra mengungkapkan, sangat mengapresiasi positif atas  pertumbuhan LPD Sogra.

"Kami apresiasi kerja keras dan semangat pengurus LPD sehingga mampu meraih laba seperti sekarang ini. Apalagi 20 persen dari laba diserahkan ke desa adat. Itu yang sangat kita apresiasi," ucapnya.

Ditambahkannya, Desa Sogra tidak memiliki potensi untuk dikembangkan, hanya LPD yang menjadi satu-satunya milik desa adat. Sehingga diharapkan krama untuk memaksimalkan perannya dalam memanfaatkan produk-produk LPD.

"LPD memiliki peran sangat  penting dalam mensukseskan segala program yang dirancang oleh Desa Adat Sogra," ucapnya.

Di sisi lain Koordinator LPLPD Kabupaten Karangasem, I Nyoman Sedana Ariana mengatakan LPD Sogra sudah menjalankan amanat Perda dan Pergub LPD tahun 2017  untuk melaksanakan LPJ . Sehingga pihaknya mengapresiasi raihan dan capaian LPD Sogra. (yess)


TAGS :

Komentar