LPD Desa Adat Sukahet Gelar LPJ, Siapkan Dua Unit Sepeda Motor dan Laba Capai Rp 1 Miliar

  • 20 Februari 2022 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Sukahet mampu tumbuh positif ditengah situasi pandemi covid-19. Bahkan mampu meraih laba hingga Rp 1 miliar demikian terungkap dalam kegiatan Laporan Pertanggungjawaban LPD Sukahet, Minggu 22/2/2022 di Pura Puseh Sukahet. Dalam kegiatan ini disiapkan dua unit sepeda motor sebagai bentuk apresiai kepada krama.

LPd di mana di tahun buku 2021 mampu bekukan laba mencapai Rp 1 miliar lebih di mana dana pembangunan sebesar 20% mencapai Rp 200 juta.

Pemucuk LPD Desa Adat Sukahet, I Gusti Agung Indra Gunawan ketika di temui BaliBanknews seusai kegiatan LPJ mengungkapkan, LPD Desa Adat Sukahet di tahun 2021 memperoleh laba sebesad Rp 1 miliar lebih. 20 persen dari laba tersebut yakni sebesar Rp 200 juta diserahkan ke Desa Adat Sukahet sebagai dana pembangunan.

"Meski aset menurun tidak terlalu signifikan karena dampak pandemi covid, namun laba astungkara bisa kita raih secara maksimal ditengah situasi sulit saat ini," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, LPD Sukahet di 2021 beraset Rp 52,8 miliar, menurun dibanding tahun 2019 dimana aset memcapai Rp 53 miliar lebih. Penurunan aset tersebut akibat dampak pandemi covid, turun dikisaran 5 persen.

"Kita sangat bersyukur mampu meraih laba. Tentunya berkat dukungan dan kepercayaan serta pertisipasi seluruh Krama Sukahet," ucapnya.

Diakuinya, partisipasi krama dalam memanfaatkan produk-produk serta layanan di LPD sangat bagus. Dari segi kontribusi dana pembangunan ke Desa Adat Sukahet dari tahun 2006 hingga 2021 mencapai Rp 1,5 miliar dengan total laba selama kurun waktu tersebut mencapai Rp 7,5 miliar.

Bendesa Adat Sukahet, I Gusti Agung Juni Sutisna, S.Pd., yang juga selaku ketua badan pengawas LPD Sukahet
mengapresiasi perkembangan LPD ditengah situasi pandemi masih mampu meraih laba. Ia berharap, di tahun ini dan mendatang LPD Sukahet terus tumbuh positif, sehingga terus bisa berkontribusi terhadap pembangunan di desa adat maupun peningkatan kesejahteraan krama.

"Mari kita sebagai krama makin tingkatkan partisipasi dengan memaksimalkan layanan maupun memanfaatkan produk LPD sebagai lembaga milik adat. Agar tetap ajeg dan memberikan kontribusi poisitif bagi pembangunan maupun kesejahteraan krama," harapnya. (yess)


TAGS :

Komentar