Koperasi Wredhi Dana Manik Mas Gelar RAT ke-11

  • 19 Februari 2022 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
Sebagai agenda wajib, Koperasi Wredhi Dana Manik Mas (KWDMM) melaksanakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-11 tahun buku 2021, Sabtu 19/2/2022 di ruang pertemuan lantai tiga Kantor Koperasi Wredhi Dana Manik Mas di Jalan Bali Kencana Resort, Bali Clif Ungasan.

Pengurus dan Pengelola Koperasi Wredhi Dana Manik Mas, I Ketut Sukayasa,SE., mengungkapkan karena situasi pandemi dan PPKM level 3, kegiatan RAT kali ini dilakukan secara perwakilan dengan di ikuti 66 orang.

Lebih jauh diungkapkannya, laporan pertanggungjawaban pengurus serta pengawas di tahun buku 2021 disetujui dan diterima oleh anggota. Begitu juga dengan rencana kerja di tahun 2022 sudah disahkan.

Diakuinya, di masa pandemi covid ini memang sangat berpengaruh terhadap koperasi, meski demikian Koperasi Wredhi Dana Manik Mas tetap eksis dan mampu melayani anggota dengan baik. Dimana dalam situasi ini, KWDMM tetap menjaga likuiditas, sehingga bisa melayani anggota yang melakukan penarikan. Begitu juga dengan pelayanan dimana kantor tetap buka dari senin hingga sabtu. 

"Kami lebih menjaga likuiditas. Begitu juga asas manfaat yang diperoleh anggota dari koperasi juga kami berikan ke anggota," ucapnya.

Mulai dari dana pendidikan anggota Rp 167 juta dikembalikan ke anggota dimana diberikan 125.000 per anggota karena itu hak anggota, dimana jumlah anggota saat ini mencapai 1.306 orang. 

Kemudian memberikan apresiasi ke masing-masing paibon sebanyak 11 paibon sebagai pendiri koperasi sesuai dengan SHU tahun 2020 sebesar total Rp 85 juta sesuai dengan partisipasi masing masing Paibon.

"Koperasi Wredhi Dana Manik Mas juga memberikan dana sosial untuk upacara pernikahan bagi anggota yang mengundang, odalan dan kematian bagi anggota," ucapnya.

Ditambahkannya, Koperasi Wredhi Dana Manik Mas yang beraset Rp 56 miliar ini, sesuai rencana kerja tahun ini tetap optimis mampu meningkatkan kinerja. Dengan menghimbau anggota untuk aktif melakukan pembayaran simpanan wajib untuk menambah modal sendiri. Selanjutnya tetap melakukan pembinaan ke anggota, termasuk juga kepada anggota yang meminjam untuk melakukan kewajibannya setiap bulan, Dimana koperasi juga telah memberikan keringanan bagi anggota di masa pandemi Covid 19, bila membayar/melunasi pinjaman diberikan potongan  bunga 10% dari tunggakan bunga,memberikan relaksasi kredit,restrukturisasi kredit juga.

"Kepercayaan, keaktifan dan rasa memiliki koperasi, anggota harus ditingkatkan dan memanfaatkan jasa-jasa koperasi serta meningkatkan volume transaksi. Upaya -upaya ini dilakukan untuk bisa bertahan dan bisa memenuhi likwiditas koperasi pada pandemi Covid-19. Pengertian dan kesadaran  semua anggota sangat perlu  dipasca pandemi, agar koperasi bisa terus tumbuh," ucapnya.

Koperasi Wredhi Dana Manik Mas di tahun ini tetap menawarkan produk yang sudah ada yakni simpanan berjangka, Tabungan Serbaguna, simpanan program bulanan (pelajar, usia lanjut dan upacara), kemudian simpanan khusus,dan Pinjaman/Kredit.

"Untuk efisiensi penurunan bunga deposito dan simpanan diturunkan 1 persen per tahun. Kami tahun ini juga menjaga likuiditas,untuk pemenuhan kewajiban jangka pendek, dimana likuiditas saat ini baru bisa  9.5 % diangka Rp 4 miliar," ucapnya. (jhon)


TAGS :

Komentar