Desa Adat Duda Miliki Pengelukatan Pancaka Tirta Gook Sapi

  • 07 Februari 2022 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Desa Adat Duda akan segera memiliki tempat pengelukatan bernama Pancaka Tirta Gook Sapi di Banjar Dalem Desa Adat Duda.

Bendesa Adat Duda, I Nyoman Sujana,S.Ag., ketika ditemui BaliBanknews Senin,7/2/2022 di pengelukatan Pancaka Tirta Gook Sapi di Banjar Dalem Duda mengungkapkan, dengan bantuan serta di pasilitas penuh  dari Bank BPD Bali digunakan untuk mengembangkan atau membangun desa wisata melalui Pokdarwis untuk meningkatkan ekonomi desa adat.

"Beberapa kali komunikasi dan mediasi dengan semua pihak termasuk dari Bank BPD Bali yang mendukung penuh kegiatan di Desa Adat Duda. Maka diberikanlah bantuan CSR dari Bank Indonesia  sebanyak Rp 200 juta," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, untuk menggarap potensi alam Desa Adat Duda. Kebetulan ada sungai dan inilah yang nanti dikonsepkan seusuai Nangun Sad Kerthi Loka Bali dengan memanfaatkan air sebagai sumber kehidupan maka dioptimalkan untuk dijadikan kawasan wisata.

"Maka terwujudlah ide ini dan kebetulan di salah satu tempat di Desa Adat Duda ada Parahyangan yakni di Pura Dalem memiliki beji yang disebut dengan Gook Sapi," ucapnya.

Dikatakannya, di tempat tersebut berdekatan dengan alur sungai Tukad Sangsang. Disana setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak maka lahirlah ide untuk mengoptimal Gook Sapi menjadi satu objek atau destinasi wisata.

"Pembangunan dan penataan sudah hampir rampung 80% dengan nama Pengelukatan Pancaka Tirta Gook Sapi di Desa Adat Duda," ucapnya.

Lebih jauh dikatakan, tempat itu nantinya sebagai tempat pengelukatan bagi masyarakat luas dan memohon kesehatan jasmani dan rohani.

Menurutnya, ada lima unsur air di pengelukatan ini dimana dijaga oleh lima Dewa agar apa yang diharapkan krama dalam melakukan pengelukatan bisa terwujud.

Pengelukatan ini akan dikelola Desa Adat Duda dan sudah dibentuk kelompok Pokdarwis Desa Adat Duda yang bertanggung jawab dalam pengelolaannya.

"Mudah-mudahan tanggal 17 Maret ini bisa segera kita launching. Kita pembangunannya bertahap dulu. Setelah itu kita kembangkan juga usaha warung-warung Desa Adat juga," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar