Terapkan Transparansi, LPD Desa Adat Jehem Tetap Tumbuh, Aset Capai Rp 36 Miliar

  • 02 Februari 2022 00:00 WITA

Bangli, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Jehem melaksanakan penyampaian laporan pertanggung jawaban 2021. Kegiatan ini dirangkai pengundian kupon tabungan sukarela dan deposito. LPD Desa Adat Jehem kini beraset Rp 36 Miliar, 

Pemucuk LPD Desa Adat Jehem, I Nyoman Dacin, S.H.,MH, di dampingi, I Wayan Sulastra, selaku Penyarikan LPD Jehem serta Ni Nyoman Tariarsani, selaku Petengen LPD Jehem ketika di temui BaliBanknews, Rabu,02/2/2022 mengatakan, apa yang telah diraih saat ini tidak terlepas dari dukungan seluruh krama. Segala kegiatan selalu disosialisasikan kepada krama. Baik itu terkait program LPD kedepan maupun hal lainnya yang berkaitan dengan LPD.

"Sehingga masyarakat merasa memiliki LPD terutama dalam hal pengelolaan baik simpan pinjam maupun hal lainnya. Kami terus menggugah agar kesadaran masyarakat terus meningkat terkait keberadaan LPD," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannga, dengan kuatnya ekonomi desa adat maka akan menguatkan ekonomi bali secara makro, maka dari itu harus dimulai dari desa adat. 
Terkait kondisi pandemi saat ini diakuinya  LPD tetap memberikan relaksasi kepada para nasabah, termasuk terlibat dalam kegiatan sosial dalam hal pendanaan sehingga diharapkan bisa meringankan beban masyarakat desa adat Jehem.

Nyoman Dacin mengatakan, target kedepan bagaimana meningkatkan kepercayaan krama. Jika sudah semakin meningkat akan berdampak pada rasa memiliki. "Meningkatnya kepercayaan krama dengan aset saat ini Rp 36 Miliar tidak menutup kemungkinan untuk bisa meningkatkan mencapai Rp 100 Miliar kedepan, asalkan seluruh krama  desa adat bisa bersatu," ujarnya.

Selama ini lebih jauh diakuinya, dukungan bendesa Adat Jehem, Drs. I Made Puasa,  sudah satu bahasa dengan LPD, apapun program LPD seijin seluruh prajuru dan apapun prajuru ingin laksanakan tetap berdasarkan komunikasi sehingga ada sinergitas yang berdampak pada peningkatan kinerja pengurus. Itu dibuktikan dengan apa yang telah dicapai selama ini. 

sementara itu Koordinator LPLPD Kabupaten Bangli, I Gusti Ngurah Sandinata,Se., mengungkapkan apa yang telah diraih LPD Desa Adat Jehem saat ini tidak terlepas dari peran para pengurus LPD dan seluruh krama desa adat Jehem. 

Ditahun buku 2021 LPD desa adat Jehem mendapatkan laba mencapai Rp 1 Miliar lebih dan pinjaman yang diberikan hampir 30 Miliar serta dana pihak ketiga mencapai 29 Miliar. 

"Selaku LPLPD kami minimal setiap tahun melaksanakan pemeriksaan dan pembinaan terkait laporan keuangan. Kedepan diharapkan masyarakat Jehem ikut memperkuat LPD," harapnya.( Yess)


TAGS :

Komentar