Pengelukatan Tiyisan di Desa Sidan Mulai Dikunjungi Pemedek, Diyakini Sembuhkan Sakit Kulit

  • 11 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews-
Pengelukatan Tiyisan di Desa Sidan mulai di datangi para Pemedek untuk melakukan pengelukatan. Pengelukatan ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Prebekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa,S.sos, yang juga selaku Anggota Saba Desa di Desa Adat Sidan ketika di temui BaliBanknews Senin, 10/1/2022 di Puspa Aman Desa Sidan bahwa masyarakat meyakini penglukatan Tiyisan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

"Kedepan akan ditata lebih baik lagi untuk toilet, kamar ganti dan loker, sehingga pemedek merasa nyaman. Astungkara yang datang melukat diberikan kesembuhan," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, pemedek yang datang dari luar daerah Desa Sidan dengan harus mematuhi peraturan yakni orang yang datang bulan tidak boleh, orang yang kedukaan juga tidak boleh.

"Begitu juga jalan akan ditata dengan baik. Sehingga bisa bersinergi juga dengan Puspa Aman," ucapnya.

Dikatakannya, selain ada Pengelukatan Tiyisan, ditempat ini juga ada pengelukatan Tirta Empul ada tirta sudamala, tirta pengelukatan campuhan (dipercaya memohon keturunan).

Pihaknya juga berkoordinasi dengan desa adat untuk melaksanakan kegiatan ritual dalam pengelukatan nantinya. Untuk saat ini pemedek yang datang memohon sendiri sebelum mereka melakukan.pengelukatan.

Diakuinya banyak hal-hal aneh yang dirasakan masyarakat ada yang melihat seekor domba dan juga mahluk astral lainnya. "Kita masyarakat mempercayai bahwa melukat sebagai salah satu alternatif dalam pengobatan," ucapnya. (yess)


TAGS :

Komentar