Desa Blahbatuh Launching Puspa Aman Dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar

  • 10 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Sebagai bentuk ketahanan pangan, Desa Blahbatuh melaunching Puspa Aman. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Senin 10/1/2022 di Subak Kelawang Blahbatuh.

Prebekel Desa Blahbatuh,  Gede Satia Kusuma, SH., saat ditemui BaliBanknews di sela-sela kegiatan mengungkapkan, ini sebagai bentuk ketahanan pangan. Dimana di Puspa Aman ini ada sumber pangan hewani berupa ternak ikan serta tumbuh-tumbuhan atau sayuran berupa tomat, sayur hijau, cabai, bawang, bunga mitir dan lainnya

"Tujuannya untuk meningkatkan gizi keluarga, menghemat pengeluaran rumah tangga karena mereka mampu menanam tanaman Puspa Aman di lingkungan rumah tangga," ucapnya.

Lebih jauh diakuinya, Puspa Aman ini melibatkan tim PKK untuk mengelolanya. Untuk mempersiapkan Puspa Aman ini bisa terealisasi dalam jangka waktu dua bulan. 

"Hadirnya Tim Ketua PKK Kabupaten Gianyar Ibu Bupati Gianyar memberikan dukungan dan semangat pada Ibu-ibu PKK di Desa Blahbatuh. Tadi juga ditekankan agar Puspa Aman ini bisa terus belanjut dan bukan sebatas seremonial," ucapnya.

Dikatakannya, Desa Blahbatuh diberikan tugas mengelola Puspa Aman ini untuk selanjutnya diteruskan ke Dasa Wisma yang merupakan kelompok-kelompok PKK di masing-masing banjar di Blahbatuh. 

"Kami buatkan semacam surat keputusan prebekel, biar mereka bertanggung jawab dalam pengelolaan Puspa Aman. Dengan adanya pembibitan dan sebagainya bisa dijual dalam rangka juga memberdayakan masyarakat khususnya PKK," ujarnya.

Ia mengharapkan dengan ini mampu memberdayakan PKK sebagai kegiatan tambahan bagi mereka. Puspa Aman ini juga berada di kawasan wisata juga ada jooging track dan wisatawan bisa melihat Puspa Aman. Sehingga bida bersinergi dengan pariwisata.

Dirinyapun lebih jauh berharap kepada pemerintah agar memfasilitasi dan pembinaan terhadap para kader yang ada di desa terutama Ibu-ibu PKK sehingga Puspa Aman ini bisa berkelanjutan.

"Kami ingin kualitas potensi di Puspa Aman bisa lebih bagus. Kami tidak akan menggunakan bahan-bahan kimia harus menggunakan pupuk organik," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar