Pasar Desa Adat Bongan Puseh Diresmikan, Semua Pedagang Gunakan QRIS BPD Bali

  • 05 Januari 2022 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Pasar Desa Adat Bongan Puseh, Tabanan diresmikan Gubernur Bali Wayan Koster. Semua pedagang di pasar ini menggunakan QRIS dari Bank BPD Bali.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., Kepala Bank BPD Bali Cabang Tabanan I Gusti Ngurah Made Supardi,SE.MM., Bendesa Adat Bongan Puseh, I Gusti Putu Sukarata,S.Sos.

Bupati Tabanan Gede Sanjaya mengungkapkan, ekonomi masyarakat akan terus tembuh dengan hadirnya pasar adat ini di Kabupaten Tabanan khususnya. 

"Apa yang saya lakukan dengan berkantor di desa inilah wujudnya. Ternyata kearifan lokal di Desa Bongan ini banyak sekali ada gonda, pisang, sayur mayur dan masih banyak lagi," ucapnya.

Ia merasa berbangga ekonomi di Tabanan Selatan ini sudah bisa berkembang, begitu juga dengan Kabupaten Utara. Pemerataan ekonomi di Kabupaten Tabanan bagus sekali. "Mudah-mudahan ini terus berlanjut ekonomi kerakyatan di Kabupaten Tabanan," ucapnya.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Tabanan, I Gusti I Gusti Ngurah Made supardi,SE.M.M., mengungkapkan sesuai dengan arahan pemerintah, Bank BPD Bali terus mengenjot transaksi non tunai dan digitalisasi salah satunya dengan menggunakan QRIS. Kedepannya pengelolaan di parkir juga bisa menggunakan digitalisasi.

"Kami harapkan setiap semua pedagang menggunakan transaksi non tunai QRIS. Lebih praktis," ucapnya.

Bendesa Adat Bongan Puseh, I Gusti Putu Sukarata,S.Sos., mengatakan sangat bersyukur secara resmi Pasar Adat Bongan Puseh diresmikan. Hadirnya pasar ini merupakan dukungan penuh dari Gubernur Bali dalam memajukan perekonomian masyarakat. 

"Nantinya tanah pasar ini akan dihibahkan kepada Desa Adat Bongan Puseh, sehingga tidak ada lagi sistem sewa," ucapnya.

Sukarata mengungkapkan, untuk transaksi digitalnya disupport oleh Bank BPD Bali dan pihaknya akan terus melakukan koordinasi dalam digitalisasi pasar Bongan Puseh.

"Dengan luas 70 are lebih dan dekat dengan TP3R kita ancang-ancang. Begitu resmi dibuka besok pedagang sudah mulai berjualan dan tertib dalam pemilahan sampah. Kita juga bekerjasama dalam hal itu dengan desa dinas," ucapnya.

Diharapkan, sesuai dengan himbauan Gubernur Bali agar Pasar Bongan Puseh ini menjadi contoh pasar bersih. Dengan total 36 kios dan 6 itu dipakai Bumda. 

"Dengan program non tunai dari Bank BPD Bali kami sangat berterimakasih atas dukungannya dan diharapkan terus saling bersinergi," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar