Pengelukatan Tiyisan di Desa Sidan Dipercaya Sembuhkan Berbagai Penyakit Kulit

  • 02 Januari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Di Desa Sidan ada sebuah pengelukatan bernama Pengelukatan Tiyisan yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Seperti dituturkan Prebekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa,S.sos, yang juga selaku Anggota Saba Desa di Desa Adat Sidan ketika di temui BaliBanknews Senin, 02/1/2022 di Puspa Aman Desa Sidan bahwa masyarakat meyakini penglukatan Tiyisan ini memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

"Asal mula tirta pengelukatan ini berasal dari tirta Pura Bukit Camplung. Dipercaya sama masyarakat sebagai tempat pesiraman rencang-rencang Ida Bethara yang melinggih di pura tersebut," ucapnya.

Suyasa lebih jauh mengungkapkan, ditempat ini juga ada julit putih yang terlihat sewaktu-waktu. Ditempat ini daat ini hanya ada cublukan dan nantinya akan dibuatkan pancoran. Yang unik ditempat ini, meski hujan deras air tetatp jernih tidak keruh.

"Pengelukatan ini sudah ada semenjak adanya Pura Bukit Camplung perkiraan sekitar jamannya kerajaan Sidan. Dimana diceritakan raja Sidan bertapa dan mendapatkan wahyu Angklung Sidan yang diperoleh di pura Bukit Camplung. Disekitar pura ini juga ada artefak diperkirakan abad ke-7," ucapnya.

Dikatakannya, nantinya tempat ini akan diperkenalkan sebagai tempat pengelukatan dan sebagai penunjang wisata Puspa Aman Desa Sidan.

"Tirta pengelukatan ini sangat diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit. Kita perbaiki sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum. Sebagai pengembangan desa wisata," ucapnya.

Kedepan diakuinya pengelolaan pengelukatan ini akan menjadi satu yakni pengelolaan ekowisata Desa Sidan (Kisidan) dimana didalamnya ada Puspa Aman Desa Sidan sekaligus Puspa Aman Kabupaten. Dimana stagenya nanti dimanfaatkan untuk lobi atau pintu masuk pengunjung untuk memasuki kawasan ekowisata.

"Mari berkunjung ke pengelukatan yang ada di Desa Sidan. Selain itu ada juga pengelukatan Tirta Empul yang konon diyakini memiliki hubungan dengan Tirta Empul Tampaksiring. Ini yang akan juga kita angkat potensinya," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar