LPD Segera Turunkan Suku Bunga 

  • 14 Desember 2021 00:00 WITA
Pemucuk LPD Desa Adat Padangluwih I Putu Romy Jaya

 

Badung, BaliBanknews-

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Bali segera akan menurunkan tingkat suku bunga pada awal tahun depan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin ketat dalam industri keuangan. Saat ini bunga  kredit LPD berkisar dari 14 persen-16 persen per tahun. Sementara suku bunga dana berkisar dari 4 persen-7 persen per tahun. Demikian diungkapkan Ketua LPD Desa Adat Padangluwih I Putu Romy Jaya baru baru ini. 

Menurut Romy persaingan suku bunga di lembaga keuangan saat ini sangat kompetitif. Para pesaing LPD sudah menurunkan bunga kredit sejak awal tahun lalu. Oleh karenanya LPD harus mengambil langkah langkah antisipasi termasuk dengan ikut menurunkan bunga kredit dan bunga dana. Untuk bunga kredit ditarget turun ke level 12-13 persen per tahun. Untuk bunga dana juga pasti diturunkan mengikuti penurunan bunga kredit. 

Ia mengakui kondisi pandemi ini membuat semua bisnis termasuk lembaga keuangan mengalami tekanan. LPD mengalami tekanan dari sisi ekspansi kredit. Ekspansi kredit dalam dua tahun ini menurun cukup signifikan. Hal ini tentu akan mempengaruhi laba dari LPD. Untuk LPD Padangluwih hingga akhir Desember ini masih menunjukkan kinerja yang positif. Kredit yang disalurkan sebesar Rp 75 miliar lebih, dengan dana yang berhasil dihimpun sebesar Rp 80 miliar. Sedangkan total aset mencapai Rp 106 miliar. "Kami bersyukur berkat dukungan krama kami masih bisa berkinerja secara positif,"tegasnya.
Terkait dengan rencana bisnis tahun depan, Romy mengungkapkan tetap optimis akan lebih baik. Tahun ini pertumbuhan aset, kredit dan dana ditarget tumbuh di kisaran 3-5 persen. Menurutnya angka ini tentu akan sangat tergantung dengan kondisi ekonomi Bali. Bila ekonomi Bali pulih secara cepat maka kinerja LPD tentu juga akan semakin membaik. "Semua akan sangat tergantung dengan perkembangan covid19,"ujarnya. (BIA)


TAGS :

Komentar