Ditengah Pandemi, Aset LPD Se-Kabupaten Jembrana Tumbuh 5,61 Persen

  • 01 Mei 2021 00:00 WITA


Jembrana, BaliBanknews -
Pandemi covid-19 "menghantam" perekonomian di berbagai daerah termasuk Bali. Ditengah masa pandemi, LPD se-Kabupaten Jembrana mampu menumbuhkan aset hingga 5,61 persen sehingga menjadi Rp 764,67 miliar.

Wakil Koordinator LPLPD Kabupaten Jembrana, I Dewa Putu Widiantara,SE., belum lama ini mengungkapkan, pertumbuhan aset LPD di Kabupaten Jembrana berkat kerja keras seluruh pengurus dan karyawan 64 LPD yang ada
di gumi makepung ini.

"Kepercayaan masyarakat Jembrana tetap tinggi terhadap LPD dalam memanfaatkan produk-produk LPD," ucapnya.


Lebih lanjut Widiantara mengungkapkan tahun 2019 LPD se-Kabupaten Jembrana beraset sebesar Rp 724,08 miliar sedangkan tahun 2020 aset menjadi Rp 764,67 miliar, naik 5,61 persen. "Kita patut bersyukur ditengah situasi sulit, aset bisa naik," ujarnya. 

Di sisi lain untuk perkembangan Laba LPd di Kabupaten Jembrana justru yang alami penurunan akibat Pandemi Covid-19 yang melanda Bali di mana laba LPd tahun 2020 sebesar Rp 18,86 miliar sedangkan jika di bandingkan laba LPd tahun 2019 sebesar Rp 22,05 miliar ada penurunan sebesar 14,44%.

"Hal itu disebabkan penurunan daya bayar masyarakat, karena pandemi covid-19. LPD memberikan kebijakan keringanan pembayaran bunga saja kepada nasbah kredit," ucapnya.

Untuk kredit yang tersalur di LPD pada tahun 2020 mencapai Rp 107,85 miliar tabungan di Bank yang lpd miliki tahun 2020 mencapai 42,33 miliar kemudian Deposito yang LPD miliki mencapai Rp 21,20 miliar dan  90% Dananya tetap setia di tempatkan di Bank BPD Bali khususnya Cabang Negara.

Untuk itu Widiantara juga patut berbangga bahwa dari 64 LPd yang ada di kabupaten Jembrana semuanya beroperasi dan itu semuanya bisa dicapai berkat sinergi para pengurus, pengawas, kariawan dan pertisipasi dan juga kepercyaan masyarakat di Jembrana yang tetap penatik dengan LPD di samping itu adanya sinergi dan kerjasama antara pembina LPd dalam hal ini koordinator  LPLPD Kabupaten Jembrana yang selalu rutin melakukan pembinaan kepada LPD  yang ada sehingga sekecilapapun persoalan di LPD dapat diselesaikan secara musyawarah  interen  di LPD. Diharapkan kerjsama dan koordinasi yang sudah terjalin sangat baik selama dpat terus terjalin.

"Kita juga berharap pada semua LPD di Kabupaten Jembrana dimasa pandemi agar lebih mengedepankan prinsip kehati-hatian. terutama dalam penyaluran kredit di masyarakat. LPD juga mampu menyiapkan dana likuiditas dengan baik dan terjaga. Semoga wabah ini cepat berlalu dan LPD di Kabupaten Jembrana makin di percaya masyarakat," pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar