Permudah Transaksi, LPD Desa Adat Beraban Sediakan ATM dan E-Link BPD Bali

  • 28 April 2021 00:00 WITA
Pemucuk LPD Beraban, I Made Surdika,SE.

Tabanan, BaliBanknews

Semenjak menyediakan layanan penarikan tunai atau mesin anjungan tunai mandiri (ATM), nasabah Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Beraban tanpa diarahkan nasabah LPD sudah melakukan penarikan sendiri. Demikian disampaikan Pemucuk LPD Adat Beraban, I Made Surdika, S.E, ketika ditemui BaliBanknews pada Selasa, (27/4/2021) di kantor LPD setempat, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. 


Keberadaan mesin ATM milik LPD setempat disambut antusias oleh Krama/warga Beraban yang melek teknologi. Ia mengakui jika penarikan dibawah Rp 1 juta nasabah sudah memanfaatkan ATM. "Sebagian besar yang menggunakan penarikan uang tunai di ATM usia 50 tahun ke bawah yang melek teknologi," jelas Surdika. 


Namun kata dia, untuk para lansia masih mengandalkan pegawai teller LPD saat menarik uang tunai. Saat ini LPD mencatatkan sebanyak 6 ribu rekening dari jumlah 1.800 kepala keluarga dengan 8.800 jiwa. 


Dikatakan Surdika, dengan teknologi yang digunakan, saat ini LPD Beraban sudah bisa bertransaksi dengan LPD lainnya yang telah menggunakan aplikasi Mobile Banking. Selain menyediakan mesin ATM, LPD Beraban sudah menggunakan e-Link BPD. Menurut dia e-Link BPD mempermudah LPD Beraban melakukan transaksi. 


Sehingga warga Beraban tidak perlu lagi membuka rekening lain, cukup memiliki 1 rekening di LPD saja. "Jika menerima transfer uang dari bank lain bisa dengan menggunakan e-Link BPD," ucap Surdika.


Pihaknya di LPD Beraban, setiap saat mengedukasi masyarakat Beraban agar menggunakan teknologi ini dalam bertransaksi karena lebih mudah, akurat dan real time. "Edukasi ini dilakukan melalui akun media sosial LPD diinformasikan hal-hal yang perlu disampaikan ke masyarakat," katanya.


Ia mengakui, hadirnya ATM di LPD Desa Adat Beraban semakin menambah tingkat kepercayaan Krama terhadap LPD. Ia mengajak masyarakat Beraban untuk memanfaatkan produk-produk LPD yang telah terbukti memberikan layanan transaksi seperti bank umum. Disamping itu LPD juga berkontribusi terhadap pembangunan di desa adat melalui 20% dari laba LPD yang setiap tahunnya diserahkan ke desa adat.

"Sekarang ini aset LPD beraban hingga Maret tahun 2021 telah mencapai Rp 116 miliar," sebutnya. (Yes)


TAGS :

Komentar