Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Raih TOP BUMD 2020

  • 27 Agustus 2020 16:00 WITA

Gianyar, Balibanknews -
Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Kabupaten Gianyar dinobatkan sebagai juara kategori TOP BUMD 2020 di Jakarta 27 Agustus oleh TopBusiness. Pada ajang tersebut, Kabupaten Gianyar menjadi salah satu dari tiga kabupaten di Bali yang meraih penghargaan Top BUMD. Kabupaten Gianyar bahkan meraih penghargaan tiga kategori diantaranya Top Pembina BUMD 2020 kepada Bupati Gianyar, Made Mahayastra. Top BUMD Award bintang empat kepada Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani (PAM-TS atau PDAM Gianyar) dan Top Ceo BUMD 2020 kepada Dirut PAM-TS, Made Sastra Kencana.

Nilai kinerja tahun 2019 dari BPPSPAM (Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum) kategori sehat (3,56) dan penilaian kinerja dari Permendagri 47/1999 katagori baik.

Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wiya mengatakan, penghargaan ini menunjukkan bahwa pengelolaan Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Gianyar telah berjalan dengan baik. Apalagi ini bukan pertama kalinya Perumda Pemkab Gianyar tersebut menerima penghargaan serupa.

“Tahun ini Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Gianyar mendapat penghargaan TOP BUMD bintang 4 dengan level bintang 4 yang artinya sangat baik dalam bidang pengelolaan, bidang pengelolaan tertib administrasi, dan efisiensi pemasaran produk yang dihasilkannya,” terangnya.

Penghargaan bergengsi tersebut tidak lepas dari dukungan Bupati Mahayastra selaku Pembina BUMD Perumda Air Minum Tirta Sanjiwani Kabupaten Gianyar. Direktur Utama Perumda Tirta Sanjiwani Made Sastra Kencana menyampaikan tetap mendapat dukungan Penyertaan Modal dari Bupati Gianyar selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) mengingat PAM-TS merupakan salah satu BUMD dari 3 BUMD yang dimiliki Pemda Gianyar.

"Meskipun sebagai Badan Usaha Milik Daerah, PAM-TS tidak hanya berorientasi pada profit tapi juga berorientasi sosial dengan memberikan subsidi kepada masyarakat yang konsumsi air hanya 10 kubik," ungkapnya.

Disamping itu diharapkan agar semua stakeholder yakni Dewas, Direksi dan pegawai meningkatkan etos kerja dalam melayani masyarakat/pelanggan di Gianyar. "Juga melakukan inovasi di bidang IT yang sangat berperan penting di masa pandemi ini. Serta meningkatkan kinerja, yang masih harus diperbaiki yaitu aspek pelayanan dan aspek efesiensi  operasional," ucap Sastra Kencana.

Awards Predikat Bintang 4 (Sangat Baik) BUMD yang dinilai yakni, Memiliki Pencapaian Kinerja yang baik, Kepemimpinan dan Manajemennya baik dan relatif selaras dengan Visi BUMD, telah melakukan inovasi/perbaikan namun kurang didukung tekonologi informasi, Memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi di daerah. Secara umum, kombinasi pencapaian kinerja, upaya perbaikan dan kontribusi BUMD, berpredikat sangat baik. (Yes)


TAGS :

Komentar