Pertajam SDM LPD Lebih Berkualitas, Bank BPD Bali Cabang Tabanan Gelar Pelatihan Analisa Kredit

  • 19 Juni 2019 05:49 WITA
Tabanan, BaliBanknews-
 
Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Lembaga Perkreditan Desa (LPD) di Kabupaten Tabanan di era pasar MEA saat ini, Bank BPD Bali Cabang Tabanan memberikan pelatihan kepada 120 LPD terkait analisa kredit. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 19- 21 Juni 2019 bertempat di Aula Kantor BPD Tabanan tersebut untuk dapat meningkatkan sinergi dan hubungan yang selama ini terjalin dengan baik.
 
Pada kesempatan itu tampak hadir I Ketut Darmadi, SH, Kasi Pembina LPD Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tabanan, I Dewa Alit Astina, SE, selaku Koordinator LPLPD, I Gusti Made Ngurah Supardi, SE, MM, selaku Kepala Bank BPD Bali Cabang Tabanan dan I Wayan Budiada, selaku Ketua BKS LPD Tabanan.
 
Kepala Bank BPD Bali Cabang Tabanan, I Gusti Made Ngurah Supardi, SE,MM, mengungkapkan bahwa acara yang dilaksankan ini merupakan bentuk komitmen BPD atas kepercayaan LPD. Dimana LPD sudah mempercayakan dananya tetap di BPD Khususnya Cabang Tabanan. Disamping itu pula, dalam pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari ini ada beberapa materi penting yang diberikan pelatihan. Terutama terkait analisa kredit serta strategi penyelamatan kredit. "Kita melibatkan langsung dari kantor BPD pusat dalam memaparkan materi yang kita berikan," katanya, Rabu (19/6).
 
Lebih lanjut Supardi berharap, melalui acara pelatihan ini akan lebih menambah serta meningkatkan pengetahuan para pegawai LPD. Sehingga akan membuat kepercayaan diri LPD lebih dalam menyalurkan kredit. "Yang jelas apa yang diketahui di BPD kita akan bagikan  ilmunya ke LPD. Oleh karena itu, ke depannya kita akan terus memberikan pelatihan pada LPD yang ada di Kabupaten Tabanan dan tergantung permintaan LPD," jelas Supardi.
 
Sementara itu, I Ketut Darmadi, SH, Kasi Pembina LPD Dinas Koperasi UMKM KabupatenTahanan pun mengapresiasi pelatihan yang dilakukan oleh BPD kepada LPD. Tentunya ini sangat penting dilakukan mengingat dari seluruh LPD yang ada di Bali Kabupaten Tabanan dengan jumlah sebanyak 307 LPD memiliki total aset Rp 1,68 triliun hingga Desember 2018. Sedangkan pembekuan laba LPD mencapai Rp 49 miliar dan selama triwulan 1 tahun 2019 laba telah mencapai Rp 13,8 miliar yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1138 orang. "Dengan adanya pelatihan dalam hal analisa kredit serta penyelamatan kredit akan lebih menambah tingkat SDM LPD menjadi lebih berkualitas. Sehingga mampu bersiang," ucapnya.
 
Ketua BKS LPD Tabanan, I Wayan Budiada,  berharap dengan adanya pelatihan ini bisa lebih menekan permasalahan kredit  seperti NPL atau kredit bermasalah di LPD masing-masing. Sehingga dengan adanya pelatihan ini bisa lebih membuat tingkat kesehatan LPD semakin meningkat. 
 
"Kita mewakili LPD yang ada di Kabupaten Tabanan mengucapkan terima kasih atas perhatian BPD khususnya Cabang Tabanan terhadap seluruh LPD. Sehingga ke depannya pelatihan ini dapat rutin dilaksanakan," katanya.
 
Disamping itu pula, kepada seluruh LPD berharap tetap memberikan prioritas terhadap BPD dalam hal penempatan dana likuiditas, karena antara LPD dan BPD Bali  ada ikatan serta hubungan historis tetap dapat terjaga.
 
Sementara itu, I Gede Birawan dari LPD Kukuh Marga menyambut baik adanya pelatihan ini. "Kita banyak diberikan ilmu oleh BPD Bali Cabang Tabanan dan ke depannya acara seperti ini dapat rutin dilaksakan setiap saat, sehingga bisa menambah ilmu kita dalam pengelolaan LPD di desa adat," pungkasnya.(yes)
 

TAGS :

Komentar

Berita Lainnya