LPD Pengotan Luncurkan Produk "DANGAN"

  • 24 Maret 2019 08:59 WITA
Bangli, BaliBanknews-
 
Untuk lebih meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan upacara ngaben masal, LPD Pengotan yang ada di Kabupaten Bangli melakukan trobosan dengan meluncurkan Dana Abadi Ngaben (DANGAN) bagi seluruh masyarakat Pengotan.
 
Pemucuk LPD Pengotan, I Ketut Suwarno, menyampaikan, bahwa program DANGAN ini berasal dari tabungan krama Pengotan, dimana setiap KK yang ada dibebankan DANGAN sebesar Rp 1 juta. Dana tersebut akan menjadi dana abadi yang dikelola oleh LPD, sehingga nantinya pada saat upacara ngaben masal yang di laksanakan setiap 4 sampai 5 tahun sekali, LPD akan menyerahkan dana abadi yang akan diserahkan sebanyak 1,2 miliar dari jumlah krama 1200 KK.
 
"Dana tersebut bersumber dari bunga tabungan, dana abadi yang sudah Krama setorkan Rp 1 juta setiap KK,"ujarnya.
 
Suwarno menambahkan, dengan adanya program DANGAN tersebut permasalahan terkait sumber dana untuk upacara ngaben bisa teratasi, sehingga kedepannya setiap ada ngaben masal mayarakat Pengotan tidak ada lagi bebani biaya. Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat Pengotan untuk segera melunasi program DANGAN ini sehingga tahun 2021 bisa melaksanakan upacara ngaben masal yang pertama kalinya.
 
Sementara itu, I Wayan Kopok, selaku Bendesa Adat Pengotan, menyampaikan, sangat mengapresiasi Positif serta bangga dengan kerja keras para Pimpinan dan seluruh Kariawan LPD, yang mana telah bisa memberikan kontribusi yang nyata ke Desa Adat. Apalagi di tahun 2021 nanti Desa Adat akan melaksanakan ngaben masal, yang mana dengan adanya program DANGAN ini diharapkan dapat menjawab persoalan setiap ada ngaben masal.)
 
"Saya berharap, kepada seluruh masyarakat Pengotan agar segera melunasi kewajibannya di LPD,"ujarnya.
 
Ia menambhkan, terkait program ini hingga saat ini jumlah masyarakat yang sudah melunasi kewajibannya baru mencpai 50 persen lebih. Sehingga nantinnya krama dapat melunasi kewajibannya, maka tahun 2021 Desa Adat serta LPD dapat melaksanakan ngaben masal.(Yes)
 

TAGS :

Komentar