Ringankan Krama, LPD Tiga Hadirkan Tabungan Ngusaba

  • 21 Maret 2019 12:26 WITA
Bangli, BaliBanknews-
 
Untuk lebih meringankan beban krama dalam setiap upacara yadnya yang rutin dilaksanakan di Desa Adat, LPD Tiga menghadirkan tabungan ngusaba.
 
Penyarikan LPD Tiga, I Wayan Senter, menyampaikan, bahwa program Tabungan Ngusaba ini sudah berjalan 5 tahun lebih, hal ini didasari setiap tahun di Desa Adat Tiga rutin ada upacara yang mana tahun pertama ada upacara Ngusaba Bantal, kemudian di tahun kedua ada upacara ngusaba kapitu. Dalam 2 upacara tersebut tentunya membutuhkan dana dari masyarakat, pihaknya di LPD mencoba mencari trobosan agar bisa meringankan beban masyarskat pada saat ada upacara Ngusaba tersebut.
 
"Jadi dana tersebut dicairkan setiap 2 tahun sekali, setiap ada upacara Ngusaba Kapitu di Pura Dalem. Dimana setiap pencairannya dana ngusaba bisa mencapai Rp 5 miliar,"ujarnya.
 
Senter menambhkan, untuk tabungan Ngusaba, dimana setoran awalnya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 1 juta. Dana tercebut dapat dicairkan 2 tahun sekali. semenjak diluncurkan program tabungan Ngusaba, masyarakat sangat antusias. Hinga saat ini masyarakat yang sudah ikut tabungan ngusaba mencapai 700 orang.
 
"Dana yg terkumpul dari tabungan ngusaba tersebut akan di bagikan di Pura Dalem, hal tersebut sebagai ajang promosi LPD,"ungkapnya.
 
Lebih jauh ia menyampaikan, dengan adanya tabungan negara, setiap 2 tahun krama Tidak, tidak pernah ada masalah setiap ada upacara. Pihaknya selaku pengelola LPD mengucapkan terimakasih semoga melalui tabungan ngusaba bisa lebih meringankan beban masyarakat pada saat ada upacara yang di gelar di Desa Adat.(yes)
 

TAGS :

Komentar