KSP Dana Anugrah Mandiri Gelar RAT Ke-8

  • 18 Februari 2019 09:09 WITA

Denpasar, BaliBanknews -

KSP Dana Anugrah Mandiri menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-8, Minggu (3/2) lalu bertrmpat di Kantor KSP Dana Anugrah Mandiri, Br. Tengah kelurahan Ubung, Jalan Pidada No 15 Denpasar.

Ketua KSP Dana Anugrah Mandiri, Made Sunarta,SE., saat ditemui BaliBanknews mengungkapkan bahwa RAT merupakan syarat disebut koperasi sehat. Pasalnya, RAT mencerminkan tidak hanya aktif, tapi partisipasi anggota berkontribusi kepada koperasi itu sendiri.

Ia mengatakan, KSP Dana Anugrah Mandiri berdiri sejak tahun 2010 telah menggelar RAT ke-8 dihadiri 220 orang anggota dengan jumlah anggota mencapai 236 orang anggota.

Diakuinya, dalam RAT kali ini, KSP Dana Anugrah Mandiri tumbuh positif. Pencapaian melebihi rencana kerja tahun 2018. Dimana aset tumbuh 15 persen dari rencana 10 persen.

"Aset hingga Desember 2018 mencapai Rp 11,1 miliar lebih dari sebelumnya Rp 9,6 miliar di tahun 2017.

Anggota bertumbuh dari 214 orang sekarang menjadi 236 orang anggota," ucapnya. Perkembangan dan kesehatan KSP Dana Anugrah Mandiri juga dinilai oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, bahkan tingkat kesehatan koperasi di tahun tahun 2016 (72,9) di tahun 2017 (75,05) masuk kategori koperasi yang cukup sehat.

Penilain kategori sehat itu diperoleh karena KSP Dana Anugrah Mandiri sangat bagus. Partisipasi anggota sangat aktif menyimpan maupun meminjam dana. Dana yang sudah disalurkan hingga 2018 realisasinya mencapai Rp 8,4 miliar dan simpanan terdiri dari simpanan berjangka mencapai Rp 3,9 miliar serta simpanan jangka panjang mencapai Rp 5,3 miliar.

Dalam RAT kali ini anggota yang hadir mendapat satu paket sembako, berupa beras kopi gula dan lainnya. "KSP Dana Anugrah Mandiri sangat menjunjung prinsip perkoperasian yakni dari, oleh dan untuk anggota," pungkasnya. RAT KSP Dana Anugrah Mandiri ini juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, beserta stakeholder terkait dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, dalam sambutannya mengungkapkan KSP Dana Anugrah Mandiri telah mampu melaksanakan RAT tepat waktu. Tujuan gerakan melaksanakan RAT, menurut Erwin Suryadarma, mempertanggungjawabkan pengelolaan koperasi kepada anggotanya. Selain itu, mengukur kinerja pengurus koperasi mengenai perkembangan Sisa Hasil Usaha (SHU), aset, modal dan lainnya.

"Saya merasa bangga karena KSP Dana Anugrah Mandiri di Ubun ini telah melaksanakan RAT, dan berharap anggota semakin aktif menggunakan produk-produk yang ada di KSP Dana Anugrah Mandiri," imbuhnya. (jhon)


TAGS :

Komentar