LPD Sogra Tumbuh Mengesankan

  • 12 Februari 2019 07:12 WITA
Karangasem, BaliBanknews-
 
LPD desa adat Sogra yang berada di Sebudi Karangasem melaksanakan Laporan Pertanggungjawaban pengurus LPD tahun Buku 2018 yang dirangkai dengan Gebyar LPD. Bertempat di Kantor LPD Sogra, Senin (11/2).
 
Dimana pencapaian aset LPD ditahun 2018 sangat mengesankan hingga tembus di angka Rp 76,7 miliar.
 
Pemucuk LPD Sogra, I Wayan Putra, menyampaikan, meski Letak georafis LPD Sogra berada di KRB 3, yakni 4 sampai 5 kilometer dari puncak gunung agung.
 
"Setahun lalu Laporan Pertanggungjawaban tidak dilaksanakan karena adanya erupsi gunung agung,"ujarnya.
 
Ia menambahkan, LPD desa adat Sogra berdiri tahun 1995, operasional februari tahun 1996, dengan modal awal 5 juta rupiah. Hingga 31 Desember tahun 2018 modal yang terkumpul mencapai 7, 8 milyar rupiah.
 
Menurutnya, hal ini menjadi sebuah kebahagian tersendiri buat pengurus LPD. Salah satunya yang jadi penguat LPD Sogra adalah modal yang bertambah.
 
"Sejalan dengan kebijakan Bendesa Adat Sogra, yang memutuskan dana pembangunan desa yang berjumlah 20 persen dari laba LPD, 75 persennya dikembalikan menjadi modal LPD,"ujarnya.
 
Lebih jauh ia menyampaikan, Dana Pihak Ketiga, tabungan dan deposito sebesar 69 milyar, meningkat meski dalam situasi erupsi.
 
Total aset LPD Sogra hingga tahun 2018 76,7 milyar, pendapatan LPD Sogra tahun 2018 yakni Rp 9,2 milyar. Kemudian untuk laba sendiri mencapai 1,4 miliar lebih.
 
"Atas kepercayaan krama Sogra serta para nasabah kita mengucapakan terimaksih banyak, semoga kedepanya kepercayaan tersebut bisa terus terjalin dengan LPD,"ujarnya.
 
Sementara itu, Panureksa LPD desa adat Sogra, sekaligus Bendesa Adat Sogra, Jro Mangku Wayan Sukra, mengungakpakan, bahwa setelah Laporan Pertanggungjawaban oleh Pemucuk LPD, pihaknya sangat berbangga dan berbahagia kerena melalui pertanggungjawaban rasa persatuan sangat terasa.
 
Dengan adanya keterbukaan dari parajuru kepada masyarakat kedepannya diharapkan kerjasama serta kepercayaan yang krama berikan dapat lebih ditingkatkan lagi.
 
"Kita selaku Bendesa Adat akan tetap mendukung secara penuh keberadaan LPD, dimana telah banyak memberikan kontribusi baik ke Desa Adat maupun ke krama Sogra sendiri, Kita selaku badan pengawas mengucapakan terimaksih atas perhatian LPD,"ujarnya.
 
Ketua BKS LPD Kabupaten Karangasem, Drs, I Made Mastiawan, menyampaikan, selain menyampaikan terima kasih kepada LPD Sogra yang telah melaksanakan pertanggungjawaban, LPD Sogra merupakan LPD terbaik peringkat ketiga.
 
"Saya berharap hal ini dapat menjadi panutan bagi LPD yang ada di Kabupaten Ke, sehingga kehadiran LPD di Desa Adat dapat memberikan asas manfaat untuk kesejahteraan itu sendiri," ungkapnya.(yes)

TAGS :

Komentar