LPD Duda Memiliki Peran Multi Fungsi Di Desa Pakraman

  • 29 November 2018 08:04 WITA
-
Karangasem, BaliBanknews-
 
LPD sebagai lembaga milik desa adat sangat berperan penting bagi desa pakraman, seperti halnya LPD Duda yang berada di Kecamatan Selat ini memiliki peran multi fungsi terutama dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan keberadaan pura kahyangan tiga baik dalam pembangunan fisik maupun non fisik seperti kegiatan upacara di pura dan segala administrasinya dilakukan lewat LPD. Hal ini lebih mempermudah cara kerja desa pakraman melalui satu pintu pengeluaran yakni lewat LPD.
 
Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana,S,Ag. ketika ditemui Balibankews beberapa waktu lalu menyampaikan, selaku bendahara di LPD Duda, pihaknya selama ini selalu bersinergi dalam arti setiap kegiatan baik itu upacara dan juga pembangunan di Desa Adat segala administrasinya diserahkan kepada LPD. "Karena semua dana Desa Pakraman kita tempatkan di LPD. Semua pengrluaran yang berkaitan dengan pembangunan maupun kegiatan upacara di satu pintu yakni LPD," ungkapnya.
 
Lebih lanjut Sujana menambahkan, semenjak melibatkan secara penuh LPD, beban di desa adat jauh bisa berkurang. Prajuru yang ngayah di Desa Adat bisa lebih fokus karena segala yang berhubungan dengan pengeluaran di Desa Adat harus melalui LPD dan ini juga lebih menjaga netralitas para prajuru.
 
Oleh karena itu pihaknya sangat mengapresiasi pada pimpinan dan juga para pegawai LPD yang sudah banyak membantu setiap pembangunan terutama administrasi di Desa Adat. Di sisi lain menurut lelaki yang sederhana ini pihaknya mempercayakan LPD sebagai bendaharanya Desa Pakraman merupakan cara untuk tetap menjaga ajegnya desa adat, budaya serta tradisi.
 
"Kita memfungsikan LPD sesuai tujuan di dirikannya LPD di mana selaku lembaga milik Desa Adat  harus menjadi satu dengan Desa Pakraman baik untuk kepentingan pembangunan maupun setiap kegiatan upacara yang mana sumber dana dan pelaporanya diserahkan sepenuhnya ke LPD," ujarnya.
 
Sehingga prajuru hanya mengatur kegiatan adat. Prajuru di Desa Adat Duda tidak ada memegang uang sebab semuanya sudah di LPD. Hal ini berimbas terhadap tingkat kepercayaan masyarakat Duda terhadap LPD semakin meningkat dan ini dapat dilihat dari aset LPD maupun laba yang terus  meningkat. Dan yang tak kalah penting adalah meningkatnya dana pembangunan yang diserahkan LPD. Ini   bisa diraih berkat kepercayaan masyarakat terhadap LPD, di samping  peran seluruh pegawai LPD dalam bahu membahu ngayah dalam ikut membesarkan LPD.
 
"Kita selaku perwakilan masyarakat yang juga selaku Bendesa Adat mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua pengurus LPD. Semoga di masa masa mendatang LPD Duda akan terus berkembang dalam memberikan kesejahteraan Desa Adat serta mesejahtrakan masyarakat," ujarnya.
 
Ia berharap, sinergi dan kerjasama yang sudah terjalin sangat baik dapat terus lebih ditingkatkan dan pihaknya selaku Bendesa Adat siap mendukung sepenuhnya setiap program unggulan di LPD Duda.
 
Sementara itu, I Wayan Suyasa, selaku Kepala LPD Duda sangat mengapresiasi dan berterimakasih pada seluruh Prajuru Desa Pakraman Duda atas kepercayaannya pada LPD baik itu pembangunan fisik maupun kegiatan upacara dimana semua dananya dan pelaporannya diserahkan di LPD. Ini merupakan kebijakan yang sangat bagus dalam memfungsikan LPD sesuai dengan tujuan didirikanya. 
 
Ia berharap kerjasama serta koordinasi yang selama ini sudah terjalin dapat terus lebih ditingkatkan. "Kita selaku lembaga adat siap ngayah demi tetap ajegnya Desa Adat sehingga hadirnya LPD akan memberikan kontribusi terhadap adat dan budaya," ungkapnya. 
 
Lebih lanjut Suyasa menambahkan, aset LPD hingga November 2018 ini telah mencapai Rp. 90 miliar lebih. [Yes]

TAGS :

Komentar