Aset Lampaui Target, LPD Blangsinga Akan Gratiskan Biaya Upacara Di Pura Kahyangan Tiga

  • 18 November 2018 10:16 WITA
-

Gianyar, BaliBanknews-

Satu persatu lembaga adat seperti LPD mulai menunjukkan eksistensinya. Dan salah satunya LPD Blangsinga di mana tahun 2018 baik aset dan laba bisa dicapai. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakatnya. Untuk itu tahun depan LPD berencana mengratiskan biaya upacara di Pura Kahyangan Tiga.
 
Kepala LPD Blangsinga, I Made Karyada, ketika ditemui BaliBanknews  beberpa waktu lalu mengungkapkan rencananya akan menggratiskan biaya upacara ini sesuai dengan pertumbuhan aset serta laba yang sudah bisa di lampaui. Dari target aset tahun 2018 sebesar Rp 17 miliar lebih sedangkan yang sudah bisa dicapai hingga Oktober 2018 sebesar Rp 19,3 miliar. Demikian juga dari segi perolehan laba dari target di tahun 2018 sebesar Rp 514 juta, hingga Oktober 2018 sudah Rp 537 juta.
 
"Semua yang pencapaian tersebut tentunya berkat kepercayaan serta fanatisme krama Blangsinga dalam memanfaatkan program unggulan yang ada di LPD," ungkapnya. Karyada menambahkan di samping rencana  menggratiskan biaya upacara, pihaknya juga memberikan secara langsung pada setiap ada upacara di Pura Kahyangan Tiga barupa daging babi seberat 100 kg  sebanyak 4 kali. Dalam kurun 6 bulan saja  punia daging babi sebesar Rp 15 juta dan ini merupakan bentuk perhatian LPD terhadap desa adat khususnya Pura Kahyangan Tiga.
 
Lelaki yang baru ngayah di LPD dari tahun 2016 ini menambahkan, untuk mewujudkan piodalan gratis yang  butuh dana dari penyisihan laba  sekitar Rp 160 juta untuk 4 kali piodalan.
 
"Dana piodalan tersebut nantinya akan kita sisihkan dari laba setiap bulan di luar dana pembangunan yang juga tetap rutin kita berikan setiap tahunnya dari laba yang kita bukukan sebesar 20 %. Dan untuk mewujudkan rencana tersebut masyrakat Blangsinga sangat kita harapkan dukungan dan partisipasinya," ujarnya.
 
Demikian juga terhadap peran Bendesa Adat Blangsinga dapat membantu dalam ikut mensukseskan rencana tersebut sehingga hadirnya LPD benar-benar memiliki asas manfaat baik terhadap masyarakat maupun desa adat.[yes]

TAGS :

Komentar