Kepercayaan Masyarakat Meningkat, Aset LPD Awan Capai Rp 22 Miliar

  • 18 November 2018 09:05 WITA
-
Bangli, BaliBanknews-
 
Kunci utama keberhasilan sebuah lembaga milik desa adat yaitu LPD adalah bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat dan partisipasi krama dalam memanfaatkan program-program unggulan yang ada. Seperti halnya LPD Awan yang meski berada di dataran tinggi dan dingin ini namun masyarakat  sangat fanatik terhadap LPD. Hal ini dapat dilihat dari aset yang terus melesat hingga kini mencapai Rp 22 miliar lebih dan menjadikan LPD Awan terbaik di Kecamatan Kintamani.
 
Kepala LPD Desa Adat Awan, I Made Gelgel, ketika di temui Balibanknews beberapa waktu lalu  mengungkapkan, semua yang diraih bukan semata semata dari kerja keras para pegawai namun berkat semua pihak dan salah satunya kepercayaan krama. "Karena modal utama kita adalah kepercayaan masyarakat Awan. Sepintar dan sejenius apapun kita tanpa didukung sepenuhnya oleh krama maka tidak ada gunanya," jelasnya. 
 
Dijelaskan, selama ini LPD menerapkan sistem keterbukaan serta profesional dalam pengelolaan dana. Sehingga setiap saat masyarakat bisa mengakses perkembangan LPD. "Dengan sistem itu, astungkara krama semakin mempercayai LPD Awan," ungkapnya.
 
Lebih lanjut Gelgel menambahkan dalam perjalanannya LPD Awan tidak pernah mengalami masalah dan selalu tumbuh positif. Masyrakat Awan yang mata pencahariannya kebanyakan petani jeruk, sehingga bisa diprediksi kebutuhan dananya dan LPD siap mendukung. Pihaknya juga memberikan suku bunga kredit spesial bagi para petani jeruk dengan proses kredit yang cepat.
 
Lelaki yang tampil sederhana ini juga menambahkan LPD selalu memberikan kontribusi setiap ada piodalan di pura kayangan tiga, per tahunnya Rp 8 sampai Rp 10 juta di luar dana pembangunan sebesar 20 % yang juga diberikan rutin ke desa Adat.
 
Oleh karena itu ke depannya dengan terus tumbuh dan berkembangnya LPD maka kontribusi ke desa adat maupun yang berhubungan dengan Tri Hita baik itu pelemahan, parahyangan serta pahwongan akan terus ditingkatkan. Sehingga kehadiran LPD memberikan andil besar dalam menjaga tetap ajegnya agama, adat dan budaya yang ada di Desa Adat Awan.
 
Untuk itu ia berharap, dukungan seluruh masyrakat Awan untuk tetap menjaga tetap ajegnya LPD. Ditambahkan pula  peran Bendesa Adat  sangat besar dalam  menjaga kepercayaan masyarakat. "Bendesa Adat memiliki peran sangat vital menjaga kemajuan LPD karena antara pengawas, pengurus serta pegawai LPD harus selalu sinergi sehingga apapun informasi yang ada di LPD, bendesa adat harus tahu dan kita selama dengan bendesa adat hubungannya sangat harmonis," ujarnya.
 
lebih jauh ia menyampaikan, dari sisi aset, tahun 2017  mencapai Rp 19 miliar dan hingga November 2018 ini telah Rp 22 miliar lebih dan laba Rp 650 juta. Terkait dengan penempatan dana likwiditas, LPD tetap mempercayai penuh  Bank BPD Bali khususnya Capem Kitamani. 
 
Sementara itu, I Kadek Budiastra, selaku Kepala Bank BPD Bali Capem Kintamani, mengungkapkan, sangat berterimakasih atas kepercayaan seluruh LPD yang ada di Bangli terutama Kecamatan Kintamani pada pada Bank BPD Bali. "Kita akan terus memberikan pelayanan prioritas dalam bentuk layanan jemput langsung. Untuk itu masukan, kritik dan saran sangat kita harapkan demi pelayanan lebih baik ke depannya. Kita berharap kerjasamanya sehingga layanan ini dapat ini dapat terus kita lebih tingkatkan lagi pelayanannya. Semoga melalui kerjasama yang sudah terjalin sangat baik selama ini dapat membuat LPD di Kecamatan Kintamani semakin maju dan berkembang," jelasnya. [yes]

TAGS :

Komentar