KSP Jujur Utama Mandiri Jalin Kerja Sama Dengan Jamkrida Bali Mandara

  • 11 November 2018 10:19 WITA
-

Gianyar,BaliBanknews.

Satu persatu gerakan Koperasi yang ada di kota seni Gianyar mulai menjalin kerja sama dengan lembaga penjaminan kredit milik Provinsi Bali yakni Jamkrida Bali Mandara.

Salah satu Koperasi yang memandang pentingnya penjaminan kredit adalah KSP Jujur Utama Mandiri. Dengan adanya kerja sama dalam hal penjaminan kredit diharapkan akan berimbas positif. Sebab kepercayaan para anggota dan masyarakat terhadap lembaga koperasi akan semakin meningkat.

Ketua KSP Jujur Utama Mandiri I Putu Oka Suartana ketika ditemui BaliBanews beberapa waktu lalu mengungkapkan, ketertarikan bekerja sama dengan Jamkrida Bali Mandara mengingat pengalaman beberapa waktu lalu. "Kita rasakan berawal dari nasabah koperasi mengalami resiko yakni meninggal dunia. Karena sebelumnya tidak ada kerja sama maka resiko sisa kredit tetap harus dilanjutkan dan hal itu tentu sangat memberatkan terhadap akhli warisnya," ujarnya.

Kini dengan adanya lembaga penjaminan kredit milik Provinsi Bali yang mana dalam programnya  berbagi resiko. Melalui kerja sama dengan Jamkrida Bali Mandara dalam penjaminan kredit dalam hal meninggal dunia.

Oka menambahkan, untuk penempatan tabungannya di Koperasi sehingga lebih mempermudah dalam pengurusan klaim jika terjadi resiko atas kredit yang disalurkan.

Koperasi Jujur Utama Mandiri  tumbuh positif dan ini dapat terlihat dari peningkatan aset di mana tahun 2018 dari yang ditargetkan Rp 2,8 miliar yang tercapai hingga bulan September 2018 aset koperasi sudah mencapai Rp 5,2 miliar. Dari segi laba dari target  Rp 57 juta hingga September 2018  telah mencapai Rp 106 juta.

Lebih jauh Oka menyampaikan, yang pernah bekerja di kapal pesiar ini  semua pencapaian tersebut tidak terlepas dari tingginya kepercayaan dan partisipasi anggota Koperasi baik dalam penempatan dana maupun memanfaatkan kredit yang ada di koperasi. "Apalagi di tahun 2019 ini kita menuju koperasi berizin provinsi dan saat ini  dalam proses. Mudah-mudahan  awal tahun 2019 izin sudah bisa keluar sehingga nantinya pengembangan bisnis bisa di seluruh Bali," ujarnya.

Untuk itu Oka berharap, MoU dengan Jamkrida Bali Mandara dalam penjaminan kredit,  akan lebih menambah tingkat kepercayaan para anggota sehingga target di tahun 2019 semua sistem yang ada di Koperasi Jujur Utama Mandiri dapat berbasis IT dlam istilah kerennya KSP Jujur Utama Mandiri menuju Go Digital sehingga ini juga akan berimbas terhadap kepercayaan para anggota serta peningkatan aset.

“Sehingga tujuan didirikannya koperasi dapat terwujud. Oka juga berharap pada Jamkrida Bali Mandara agar memberikan pelayanan khusus terhadap semua Koperasi yang ada di Gianyar pada khususnya,” pungkasnya. [yes]


TAGS :

Komentar