Aset Rp 1,8 Miliar, LPD Desa Adat Tegaljadi Bangkit dari Keterpurukan

  • 11 November 2018 07:36 WITA
-

Tabanan, BaliBanknews-

Setelah sempat terpuruk selama 10 tahun lebih kini dengan pengurusan baru LPD Desa Adat Tegaljadi yang berada Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan kembali bangkit dengan kepengurusan baru.Dan satu tahun setelah kembali beroperasi aset LPD Jadi tumbuh positip hingga mencapai Rp 1,8 miliar.

Kepala LPD Desa Adat Tegaljadi, I Gede Suwela, ketika ditemui BaliBanknews di sela-sela acara bersih pantai di kawasan Kelating Kerambitan dalam rangka HUT yang ke 34, mengungkapkan bahwa pada saat diambil alih satu tahun lalu modal uang cash yang dari pengurus  lama hanya sebesar Rp 9 juta dan sisanya dalam bentuk kredit di masyrakat yang mencapai Rp 400 juta.

Suwela menambahkan, untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dan juga kredit yang ada di masyarakat maka pengurus yang baru bersama Bendesa Adat Jadi secara bersama-sama kembali meyakinkan krama agar menempatkan kembali dananya di LPD.

"Dengan niat tulus kita dalam ngayah bersama pengurus baru akhirnya secara perlahan krama Jadi  mulai kembali menabung di LPD. Dan yang menggembirakan  pengurus LPD yang lama sudah bisa mengembalikan dananya. Selaku pengurus kita mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya," jelas Suwela.

Untuk lebih cepat mengembalikan kepercayaan masyarakat, LPD juga meluncurkan program untuk penambahan modal LPD dengan partisipasi masyarakat yakni tabungan wajib sebesar Rp 500.000 setiap KK. "Dan setelah 6 bulan kita luncurkan di masyrakat partisipasi mulai meningkat dan hingga saat ini masyarakat Jadi yang jumlah KK 200 lebih, hampir 60% ikut tabungan wajib, ujar Suwela seraya  mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga adatnya sendiri.

Oleh karena itu, kedepan kepercayaan ini perlu ditingkatkan dengan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga kehadiran LPD Jadi dapat memberikan manfaat dalam mensejahterakan masyarakat dan juga desa Adat.

Sementara itu, Bendesa Adat Tegaljadi, I Made Sukerta, mengungkapkan sangat mengapresiasi atas kerja keras para pengurus baru LPD yang sudah bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat yang sempat terpuruk.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat jadi pihaknya berharap agar tidak ragu dan takut  menempatkan dananya maupun kredit yang ada.  "Dengan kepercayaan krama kita yakin LPD akan memberikan andil besar nantinya dalam menjaga tetap ajegnya agama dan tradisi. Dengan bangkitnya kembali LPD akan membawa dampak positip pada kemajuan desa dan kesejahteraan masyrakatnya," pungkasnya.[yes]


TAGS :

Komentar