Tingkatkan Promosi Kawasan, ITDC akan Menggelar Sejumlah Event

  • 03 Juni 2023 00:00 WITA

Jakarta, BaliBanknews –
Memasuki pertengahan tahun 2023, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), perusahaan member Injourney Group yang mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata di Indonesia, akan menggelar sejumlah event di kawasan The Nusa Dua, Bali, The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan The Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). 
Dalam kawasan terintegrasi The Nusa Dua terdapat Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC) yang menjadi bagian dari The Westin Resort Nusa Dua, kerap menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) berskala nasional dan internasional. Selain itu kawasan The Nusa Dua juga memiliki Nusa Dharma dan Peninsula Island, Nusa Dharma sebagai venue wisata religi dan aktivitas yoga yang digelar setiap hari Jumat dan Minggu. Sedangkan Peninsula Island dapat digunakan untuk berbagai event, yang dilengkapi dengan Daya Tarik Wisata (DTW) Waterblow dan Taksu Art Stage untuk pagelaran Kecak and Barong Dance yang menjadi atraksi baru di kawasan The Nusa Dua.
Kawasan The Mandalika, Lombok Tengah yang menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sebagai sport tourism yang mengelola sirkuit kebanggaan Indonesia Pertamina Mandalika International Circuit, sejak tahun 2021 menjadi tuan rumah penyelenggaraan event balap motor internasional World SBK & MotoGP. Tidak hanya sebagai venue utama event balap motor international, namun baru - baru ini Pertamina Mandalika International Circuit juga sukses menjadi venue utama penyelenggaraan balap sepeda internasional L’Etape Indonesia Tour de France 2023.
Sementara, kawasan The Golo Mori atau Golo Mori Convention Center (GMCC) adalah penugasan ke-3 yang dipercayakan oleh Pemerintah kepada ITDC untuk mengembangkan kawasan The Golo Mori, setelah sukses mengembangkan The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok NTB, GMCC menjadi salah satu venue kegiatan KTT ASEAN ke-42 pada 9-11 Mei 2023 lalu.
Direktur Utama ITDC Ari Respati mengungkapkan, “Penyelenggaraan sejumlah event berskala nasional dan internasional di kawasan yang kami kelola yaitu The Nusa Dua, The Mandalika dan The Golo Mori adalah sebagai bentuk kolaboratif dan aktivitas kawasan dalam upaya menciptakan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.”
Sejumlah event menarik skala nasional dan internasional yang akan digelar pada pertengahan hingga akhir tahun 2023, yang digelar di kawasan The Nusa Dua diantaranya Dream Machine & Bali & Beyond Travel Fair 2023 pada bulan Juni, ANOC World Beach Games pada bulan Agustus, dan Nusa Dua New Year’s Eve (NYE) pada bulan Desember.
Disamping itu, kawasan The Mandalika akan menggelar Track Day Supercar & Tree Island Journey pada bulan Juni, Shell Eco Marathon pada bulan Juli, Asian Road Race Championship pada bulan Agustus, MotoGP 2023 & Mandalika Xperiences Stage pada bulan Oktober, dan Pesta Rakyat Kembang Api pada bulan Desember. Dan kawasan The Golo Mori/GMCC akan menggelar The Golo Mori Intimate Concert pada bulan September 2023 mendatang.
“Harapan kami dengan penyelenggaraan event-event tersebut dapat menarik minat wisatawan domestik hingga mancanegara untuk datang berkunjung dan menikmati berbagai aktivitas, yang dapat meningkatkan value dan memperkuat karakteristik kawasan The Nusa Dua, The Mandalika dan The Golo Mori. Kami membuka seluas-luasnya kesempatan kerjasama bagi penyelenggara event/kegiatan MICE, Olahraga, dan Hiburan untuk dapat berkolaborasi menggeliatkan pariwisata dan ekonomi di Bali, NTB dan NTT. Dengan demikian kesempatan bagi masyarakat lokal untuk terlibat dan memperoleh manfaat ekonomi dari rangkaian event tersebut, serta menjadikan The Nusa Dua, The Mandalika dan The Golo Mori sebagai destinasi pariwisata unggulan yang dikenal masyarakat luas hingga di seluruh dunia.” tutup Ari. (jhon/rls)


TAGS :

Komentar