Bank Indonesia Bersama Pemprov Bali Gelar Bali Digifest II 2023

  • 02 Juni 2023 00:00 WITA

Denpasar, BaliBanknews -
Guna mendorong ekosistem digital dan pengembangan ekonomi kreatif, Bank Indonesia berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Bali menggelar kegiatan Bali Digital Festival (Bali Digifest II 2023) di Taman Budaya Art Center Provinsi Bali.

Kegiatan yang bertemakan “Accelerating Bali’s Digital Transformation” ini dibuka Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini juga dihadiri Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengapresiasi capaian Bali sebagai salah satu provinsi dengan implementasi digitalisasi terbaik di Indonesia dan Bank Indonesia akan senantiasa all out untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Pulau Dewata.

Perry Warjiyo menjelaskan ada empat langkah yang dapat ditempuh guna menjadikan Bali sebagai pusat industri digital baik sekala nasional maupun dunia. Sehingga perlu dibangunnya kawasan khusus sebagai pusat pengembangan inovasi digital, penciptaan iklim bisnis yang mendukung salah satunya melalui penciptaan ekosistem keuangan digital, reformasi birokrasi melalui digitalisasi dan pengembangan SDM.

Secara umum, penyelenggaraan Bali Digifest II 2023 akan memberikan manfaat berupa terwujudnya transformasi digital menuju Bali Era Baru dan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional dan Bali. Sebagaimana diketahui bahwa struktur dan fundamental perekonomian Bali didominasi oleh sektor pariwisata yang sangat rentan terhadap guncangan eksternal, seperti pandemi Covid-19.

“Untuk itu, diperlukan inovasi untuk menggali potensi pertumbuhan ekonomi lainnya diantaranya melalui pengembangan digitalisasi dan sektor ekonomi kreatif,” jelas Perry Warjiyo.

Bali Digifest II 2023 yang digelar selama tiga hari ini diisi dengan kegiatan konferensi/seminar, kompetisi digital kreatif, showcase inovasi, start up, animasi dan konten kreatif.

Adapun penyelenggaraan Bali Digifest II 2023 merupakan peak event dari rangkaian acara Bali Digital Innovation Festival (BALIGIVATION) 2023 yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali. Rangkaian kegiatannya sendiri sudah dilaksanakan sebelumnya yakni berupa kickoff & talkshow pada 9 Maret 2023 dilanjutkan dengan serangkaian roadshow sosialisasi lomba. (jhon)


TAGS :

Komentar