27 Peserta UKW X PWI Bali Dinyatakan Kompeten

  • 28 Mei 2023 00:00 WITA

BADUNG, BaliBanknews -
Uji Kompetisi Wartawan (UKW) yang selenggarakan Dewan Pers diikuti oleh PWI yang berkolaborasi dengan IJTI yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 26 sampai 27 Mei 2023 ditutup langsung Wakil Ketua  Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya. Semua peserta dinyatakan “Kompeten”.  Hasil tersebut dibacakan langsung oleh Koordinator Penguji UKW X PWI Bali, Djoko Tetuko bertempat di Ballroom Hotel Mercure Legian Bali, Sabtu (27/5/2023).

Peserta yang mengikuti UKW sebanyak 42 orang baik dari jenjang Muda, Madya dan Utama. Dari PWI diikuti sebanyak 30 peserta, akan tetapi 3 orang peserta berhalangan hadir, jadinya yang mengikuti UKW sebanyak 27 peserta, sementara dari IJTI sebanyak 12 peserta akan tetapi tidak hadir 1 orang. Dari 27 peserta dari PWI  yang mengikuti kelas Muda sebanyak 15 orang, kelas Madya 6 orang dan Utama 6 orang, semua dinyatakan kompeten.

Koordinator  Penguji PWI  Djoko Tetuko memberi pesan kepada peserta UKW yang sudah dinyatakan Kompeten saat melakukan peliputan diharuskan berpakaian yang rapi, jaga etika kesopanan saat wawancara dengan narasumber. "Saya mengingatkan jangan sekali-kali menulis berita yang tidak benar. Jangan menyombongkan diri, tetap bekerja secara profesional," tukasnya, sembari mengingatkan pentingnya menjaga “Etika dan adab” dalam menjalankan profesi sehari-hari. 

Sementara Wakil Ketua Dewan Pers, M. Agung Dharmajaya mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah dinyatakan Kompeten sesuai jenjangnya. Ia berpesan, agar ikut menjaga marwah pers serta ikut memberikan edukasi baik langsung atau tidak langsung terkait menjadi wartawan yang baik dan profesional berpedoman kepada KEJ dan UU Pers No 40 Tahun 1999, kepada rekan -rekan wartawan yang belum melakukan UKW.

"Saya tidak lupa berpesan, bagi yang sudah dinyatakan Kompeten, diharapkan menjaga etika sopan santun terhadap narasumber, sebagai wartawan harus bisa menjaga nama baik wartawan maupun institusi," pesannya. (*)


TAGS :

Komentar