BPR Padma Salurkan Kredit Lewat Kerjasama Fintech

  • 16 Mei 2023 00:00 WITA
Cok Gede Mahadewa

Denpasar, balibanknews.com
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Padma mengembangkan inovasi jaringan kredit lewat kerjasama peer-to-peer lending dengan sejumlah perusahan fintech. Strategi tersebut dinilai prospektif ditengah perkembangan digitalisasi perbankan saat ini.
Direktur Utama BPR Padma Cok Gede Mahadewa saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (16/5/2023) mengatakan, kerjasama tersebut sudah dilakukan sejak empat bulan terakhir. Sampai saat ini lima perusahaan fintech telah melakukan penandatangan kerjasama dengan BPR Padma. "Ada tujuh perusahaan fintech yang rencana akan bekerjasama tapi baru lima yang lakukan MoU," ujarnya.
Lebih jauh dikatakan, lewat kerjasama tersebut memungkinan BPR Padma ikut membiayai nasabah dari perusahaan fintech tersebut. "Mekanismenya adalah nasabah yang meminjam lewat fintech nantinya dana kredit akan diambil dari BPR, jaminan adalah invoice tagihan dari debitur, jangka waktu pinjaman diatur dalam tempo 2-3 bulan," katanya.
Prinsip kehati-hatian juga berlaku ketika memilih nasabah lewat fintech. Perusahaan fintech yang bekerjasama diakui atas rekomendasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan kata lain perusahaan tersebut telah resmi terdaftar dan berijin.
Inovasi kredit lewat fintech diaku Cok Mahadewa memberi peluang bagus dalam pegembangan BPR. Pihaknya mentarget kredit yang disalurkan lewat fintech dikisaran 10 persen dari total kredit BPR Padma. "Kami targetkan kredit lewat fintech hanya 10 persen dari total kredit," ujarnya.
Hingga bulan April 2023 BPR Padma sudah mencatat aset sebesar Rp 467 miliar, dengan jumlah DPK sebesar Rp 385 miliar dan modal tercatat sebesar Rp 49 miliar. Sementara kredit tersalurkan berada di angka Rp 400 miliar lebih. "Saat ini BPR Padma ada di posisi 5 BPR beraset terbesar di Bali," pungkasnya. [Mdy]

 

Editor : Ngakan Putu Sudibia

Penulis : Ade Yudiastra

 

 


TAGS :

Komentar