BPJS Ketenagakerjaan Bersama Desa Adat Seseh Serahkan Kartu Peserta Bpjamsostek Kepada Krama

  • 29 September 2022 08:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews -
BPJS Ketenagakerjaan bersama Bendesa Adat Seseh dan prajuru menyerahkan 197 kartu Peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada masyarakat (krama) Desa Adat Seseh, Kamis 29 September 2022 bertempat di Banjar Seseh Desa Adat Seseh,Kabupaten Badung Bali.

Bendesa Adat Seseh, I Wayan Bawa,SH., ditemui disela kegiatan mengungkapkan, di ikutsertakannya krama dalam.program BPJS Ketenagakerjaan ini berlandaskan konsep Tri Hita Karana, salah satunya yakni hubungan manusia dengan manusia.

"Tri Hita Karana artinya tiga penyebab kebahagian. Ketiganya harus berjalan harmonis, sehingga masyarakat kita juga harus bahagia," ucapnya.

Maka dalam kegiatan ini hubungan manusia dengan sesama inilah yang  dilaksanakan. Dengan disertakannya krama yang bergerak dalam segala profesi dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

"Krama yang diikutkan BPJS Ketenagakerjaan saat ini sementara dua orang per KK dan nantinya semua krama akan diikutkan program ini. Disini ada sekitar 100 KK atau sebanyak 450 jiwa dan sebanyak 197 jiwa yang baru diikutkan BPJS Ketenagakerjaan. Nanti semua krama akan tercover jika memenuhi syarat usia," ucapnya.

Diakui Wayan Bawa, dengan hanya Rp 16.800 per bulan atau kurang lebih Rp 40 jutaan dibayarkan oleh Desa Adat Seseh dan ketika ada kecelakaan maupun kematian akan disantuni. Dimana krama yang meninggal mendapat santunan Rp 50 juta yang terdiri dari Rp 42 juta dari BPJS Ketenagakerjaan dan Rp 8 juta dari dana sosial LPD Desa Adat Seseh.

"Desa Adat Seseh sangat konsen dalam meningkatkan kesejahteraan krama dan dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan proteksi bagi krama baik saat mereka hidup maupun meninggal dunia," ucap Wayan Bawa.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Badung, Nurul Indahyati mengungkapkan program ini merupakan program nasional dan sesuai dengan instruksi Presiden kepada seluruh kepala daerah dan jajaran kebawah mengenai BPJS Ketenagakerjaan. Selain juga dibawah instruksi Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

"Kami sangat berbahagia Desa Adat Seseh ini megikutsertakan 197 masyarakat pekerja krama dan Desa Adat Seseh menjadi pionir  pertama di Bali yang mengikutkan krama-nya. Ini tentu laporan khusus bagi kami kepada pemerintah dan berharap Desa Adat Seseh bisa menjadi contoh bagi Desa Adat lainnya untuk mengikut sertakan kramanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Ditambahkan Nurul Indahyati, ini merupakam program naaional yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat pekerja rentan. 

Ia pun berharap Desa Adat lainnya mengikut sertakan krama mereka sedikit tidaknya untuk 100 pekerja rentan yang ada di Desa Adat. "Program ini berpihak kepada masyarakat dan ini merupakan program nasional yang sangat bagus.  dimana salah satunya diterapkan oleh Desa Adat Seseh seperti sekarang ini," imbuhnya.

Dalam kegiatan ini BPJS Ketenagakerjaan dan Bendesa Adat Seseh membagikan souvenir kepada krama yang hadir. (jhon)


TAGS :

Komentar