60 Tahun Bank BPD Bali, Fokus Transformasi Digital

  • 05 Juni 2022 00:00 WITA


Denpasar, BaliBanknews – 
PT Bank Pembangunan Daerah Bali kini genap berusia 60 Tahun. Enam dekade usia Bank BPD Bali, banyak hal yang telah dilewati untuk mewujudkan “Transformasi Tiada Henti” sesuai dengan tema HUT yang diusung kali ini.

Perjalanan panjang yang tentunya banyak memberikan pengalaman dan pelajaran untuk menjadikan Bank BPD Bali lebih baik serta mampu memenuhi ekspektasi masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan produk dan layanan Bank BPD Bali. Dimana dalam 10 tahun terakhir, transformasi digital menjadi fokus Bank BPD Bali.

Kegiatan yang dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster, Walikota Denpasar dan Seluruh Bupati se-Bali, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali, Kepala Kantor OJK Regional 8 Bali & Nusa Tenggara dan undangan lainnya di Gedung  Kesirarnawa, Taman Budaya (Art Centre) Denpasar, Minggu 05/6/2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali Wayan Koster berharap Bank BPD Bali semakin berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan IKM maupun UMKM di Bali salah satunya dengan memberikan bantuan permodalan. Sehingga masyarakat yang bergerak di sektor IKM maupun UKM bisa memiliki daya saing kuat dan mampu menembus pasar lebih luas lagi. 

Hal senada juga diungkapkan Kepala Kantor OJK Regional 8 Bali & Nusa Tenggara, Giri Tribroto dimana dukungan pemerintah daerah untuk menambah setoran modal kepada Bank BPD Bali akan berimbas positif bagi peningkatan akses permodalan bagi IKM maupun UMKM. “Akses permodalan bisa dijangkau lebih luas lagi,” harapnya.

Begitu juga dengan digitalisasi, Giri Tribroto menilai Bank BPD Bali telah mampu mendukung IKM dan UMKM di Bali dengan melakukan terobosan-terobosan digital, sehingga bisa memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Direktur Utama, I Nyoman Sudharma, mengungkapkan di masa covid-19, Bank BPD Bali berupaya keras beradaptasi secara cepat menghadapi perubahan arah bisnis menyesuaikan dengan great shifting pola hidup dan budaya baru yang tentunya menyadarkan akan adanya fenomena revolusi digital. 

“Kami sangat bersyukur dapat menjaga loyalitas nasabah, bahkan dalam kondisi yang berat untuk melewati pandemi ini dengan terus berinovasi dan bertransformasi,” ucapnya.

Dikatakannya, dalam 10 tahun terakhir, transformasi digital menjadi fokus Bank BPD Bali. Bahkan, saat ini sedang progress uang Elektronik servered based BaliPay, Super App Mobile Banking, Open API, Interlink Fintech & E-Commerce, Omnichannel. 
Dari performance keuangan, Bank BPD Bali di Tahun 2021 berhasil mencatatkan laba sebesar Rp 549 miliar dengan pembagian dividen sebesar  Rp 411 miliar. Sejalan dengan ketentuan POJK Nomor 12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank di akhir Tahun 2024 Bank BPD Bali dapat memenuhi kewajiban modal inti paling sedikit Rp 3 Triliun dan berada pada KBMI I. 
“Kami berharap dapat mempercepat proses peningkatan Bank BPD Bali menjadi KBMI II, sehingga dapat semakin memperluas ekspansi usaha dan semakin mengukuhkan Bank BPD Bali sebagai penghasil pendapatan terbesar bagi Pemerintah Daerah Bali,” harap Sudharma.
Ia juga menghaturkan terima kasih kepada Pemprov Bali yang telah menyuntikan modal sebesar Rp 30 miliar, Pemkab Buleleng Rp 7,2 miliar dan Pemkab Karangasem sebesar Rp 750 juta. Hal ini tentu semakin menambah performa Bank BPD Bali. Dimana sampai dengan akhir Mei 2022 pertumbuhan Bank BPD Bali tetap menunjukkan performa yang baik.
Diakui Sudharma, pencapaian ini tentunya didukung dengan berbagai program percepatan digitalisasi Bank BPD Bali yang telah dirintis dalam beberapa tahun terakhir. Bank BPD Bali juga senantiasa mendukung program OJK dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) melalui optimalisasi program Simpanan Pelajar (SimPel) dan juga akses KUR melalui website www.kurbali.com.
Selain itu, Bank BPD Bali juga mendukung program Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) yang diinisiasi Bank Indonesia termasuk penyelenggaraan sistem pembayaran digital berupa QRIS sebagai alat pembayaran dalam transaksi non tunai. Bahkan Hari ini, Bank BPD Bali juga me-lauunching Layanan digital dana yaitu Online On Boarding (OOB) dan layanan digital kredit yaitu Digi Loan. (john)


TAGS :

Komentar