BKS LPD Kecamatan Selat dan Majelis Desa Adat Bersinergi Bangun Gedung MDA

  • 07 Mei 2022 00:00 WITA

 

 

Karangasem, balibanknews.com -
Untuk yang pertama kalinya LPD bersinergi dengan MDA membangun gedung MDA. Itu dilakukan BKS Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Gedung diharapkan dapat menjalin hubungan kerjasama antar lembaga yang lebih erat.

Perwakilan LPD kecamatan Selat, I Wayan Putra, selaku pemucuk LPD Desa Adat Sogra ketika ditemui Balibanknews pada Sabtu, 7/5/2022 di kantor LPD Sogra, menyatakan kegiatan pembangunan, sepakat menyisihkan dana sosial sebesar 25 persen bagi masing-masing LPD di Kecamatan Selat. “Sesuai perolehan laba di 2021, untuk membantu pembangunan gedung MDA itu,” ujarnya.

Pihaknya telah menyampaikan kepada pihak MDA, bahwa kantor itu bisa digunakan bersama. “Baik acara adat, agama, budaya dan sebagainya demi kepentingan yang positif,” terangnya.
Pihaknya berharap kebersamaan LPD dengan MDA bisa terjalin dengan lebih erat. “Saling memahami dan saling menjaga. Sehingga LPD terlindungi dari hukum pemerintah dan adat,” jelasnya. 
Lebih lanjut dikatakan,  LPD adalah anak kandung dari desa adat. “LPD juga anak asuh dari pemerintah. Adanya perda, SK gubernur dan lainnya, tidak lepas dari orang tua asuh kita, dan desa adat,” ujarnya.
Sehingga, menurut pemahaman pribadi, pembangunan gedung itu wajar saja. “Harapan ke depan perlu dipupuk dan ditingkatkan komunikasi, sehingga LPD kuat di desa adat sesuai ketentuan Perda yang berlaku,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) kecamatan Selat yang juga selaku Bendesa Adat duda, I Komang Sujana, SAg sangat mengapresiasi positif atas kekompakan LPD dan BKS LPD kecamatan Selat. “Karena telah bisa membantu kami di MDA kecamatan Selat dalam hal pembangunan gedung Majelis yang segera akan di laksanakan pembongkaranya  minggu ini,” jelasnya. 
Selaku perwakilan Bendesa, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kerjasama LPD dan juga BKS LPD. “Semoga kedepannya kerjasamanya makin terjalin baik sehingga sinergi ini dapat terus ditingkatkan,” tutupnya. (yes)


TAGS :

Komentar