LPD DESA ADAT JENAH TUMBUH POSITIF DAN MILIKI GEDUNG BARU

  • 22 April 2022 00:00 WITA
Balibanknews

LPD Jenah Tumbuh Positif dan Miliki Gedung Baru  

Jalankan Program LPD Digital M-Pise 

Denpasar , BaliBanknews.com -
Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Jenah yang ada di   Kecamatan Denpasar Utara, selama masa pandemi mampu tumbuh positif, serta dipercaya krama. Ini dibuktikan dengan pertumbuhan laba  yang terus mengalami perkembangan yang semakin membaik.  Hingga saat ini aset LPD Jenah mencapai Rp 6 miliar, serta laba LPD mencapai Rp 240 juta tumbuh 13 persen di tahun 2021. 
   
Bahkan, di masa Pandemi mampu menambah kepercayaan krama lewat pembangunan gedung baru senilai Rp 770 juta. Serta LPD juga berkontribusi setiap ada piodalan di pura Kayangan Tiga berupa punia setahunnya mencapai Rp 8 juta lebih. LPD Jenah juga sudah memiliki Program Online bekerja sama dengan PT USSI lewat program M-Pise Digital bagi masyarakat Jenah.

Pemucuk LPD Desa Adat Jenah, I Wayan Oka Widastra, SE didampingi , I Dewa Putu Oka Winarta, selaku Petengen LPd Jenah serta I Wayan Mudita, selaku Penyarikan, ketika ditemui BaliBanknews, Jumat   (22/4/2022) di kantor LPD, menyatakan peran Bendesa terus mensuport dengan menyosialisasikan ke masyarakat bahwa LPD sehat. “Tidak usah takut. Tiap 3 bulan disobyahkan ke Krama mengenai kinerja LPD, bahwa kami sehat,” ujarnya.

Mengenai teknologi, sudah menerapkan LPD mobile kepada nasabah. “Mengecek saldo tabungan. Bisa dilihat apakah uang masuk atau belum. Itu dari 2017,” jelasnya.
Kemudian, gedung baru dibangun untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. “Dana pembangunan LPD bersumber dari pertisipasi Desa adat lewat dana pembangunan 20% ke Desa di pakai untuk pembangunan gedung LPD dari  sekitar Rp 400 juta di tambah dana bantuan berupa bansos ,” ujarnya. 

Pihaknya berterima kasih kepada Bendesa dan masyarakat yang mensuport. “Dengan begini, kepercayaan masyarakat tumbuh,” ujarnya.
Mengenai kontribusi LPD ke masyarakat memberikan dana kematian sebesar Rp 300 Ribu “Itu sebagai bentuk bela sungkawa LPd pada Krama. Lalu ada biaya berupa punia untuk setiap piodalan di Kahyangan Tiga,” jelasnya.
Ke depan, pihaknya berharap LPD lebih maju. Apalagi ada gedung baru, pandangan masyarakat bagus. “Dilihat LPD bagus, bisa bertahan,” jelasnya.
Mengenai laba, ada peningkatan. Pada 2020 laba Rp 211 juta. Kemudian 2021 sebanyak Rp 240 juta. 

Mengenai kepercayaan Krama, mengucapkan terima kasih atas dukungan Krama. “Kami berterima kasih. Krama masih tempatkan dananya di LPD,” ungkapnya.
Rencana ke depan, akan memberikan bantuan untuk ngaben. “Sudah ancer-ancer, Bendesa mendukung. Kalau mampu dana terkumpul digratiskan ngaben masal. Kira-kira biaya Rp 200 juta,” ujar dia.
Harapan kepada masyarakat Jenah, tetap mempercayai dana di LPD. “Kepada prajuru dan Bendesa, kami minta koordinasi dan pemikiran supaya bisa berkembang,” tutupnya. (yes)


TAGS :

Komentar